SIMULASI PEMUNGUTAN SUARA UNTUK PEMILOS DI SMAN YOSOWILANGUN

in Berita
17. 09. 14
posted by: Redaksi
Dilihat: 125

Lumajang,kpud-lumajangkab.go.id–  Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Yosowilangun Lumajangakan menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS)  pada tanggal 18 September 2017. Agar penyelenggaraan yang lebih profesional pihak sekolah menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, untuk membimbing mekanisme pemilihan seperti standar penyelenggaraan Pemilu. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 30 siswa kelas 12 sebagai petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terbagi menjadi 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Seluruh siswa-siswi yang mengikut bimbingan dan simulasi ini terlihat antusias mengikuti semua materi hingga praktik pemungutan dan penghitungan suara yang dipandu oleh Anggota KPU Lumajang Divisi Perencanaan dan Data Syamsul, di Ruang  Laboratorium Bahasa Sekkolah tersebut.

Sebelum mensimulasikan pemungutan dan penghitungan suara, Syamsul membagi menjadi 3 Kelompok untk Petugas KPPS sesuai tingkatan kelas. Pembagian tugasnya lanjut Syamsul, satu orang menjadi Ketua dan 6 siswa menjadi Anggota KPPS dengan menempati posisi sesuai urutan di denah Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Sebelum dimulai simulasi ini kalian harus paham dulu tugas dan tanggungjawab semua petugas di TPS ini, dan harus diingat apa yang menjadi tanggungjawabnya. Agar saat pelaksanaan nanti tidak ada petugas yang bingung dalam menjalankan tugasnya“ jelas Syamsul, kamis (14/9/2017).

Usai pembagian tugas KPPS, simulasi pun dilakukan di Ruang Lab dengan standar TPS Pemilu. Masing-masing Anggota KPPS menempati tempat yang telah dijelaskan. Meski masih terlihat belum sempurna, tapi simulasi ini berjalan lancar sesuai standar baku Pemilu. “Peragaan simulasi kali ini belum berjalan sempurna tapi saya lihat semua sudah menjadi anggota KPPS yang sesuhngguhnya, serta pemilih yang sebenarnya.  Ini hanya latihan, kalau hari ini kalian bisa mempraktikkannya, maka Pemilos besok harusnya lebih baik lagi. Tapi dengan catatan maisng-masing person harus ingat dengan apa yang akan dilakukan dan apaya yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Tak lupa sampaikan pada pemilih agar mengkyti sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. jika memang ketentuanya dicoblos ya dicoblos jika ketentuanya dicontreng ya diconterng jangan sampai ada pemilih yang memberikan gambar-gambar pada  surat suara Calon Ketua OSIS” imbuhnya.

Mengakhiri simulasi ini, Syamsul berpesan agar semua yang sudah terpilih menjadi anggota KPPS harus memahami tugasnya sendiri-sendiri, jangan teledor apalagi menyalahkan orang lain pada saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN Yosowilangun, sukses Penyelenggaranya dan sukses pelaksanaannya. (dit/ist)

Kembali Ke Atas