DIALOG INTERAKTIF DI RADIO, KPU LUMAJANG SOSIALISASIKAN PENYELENGGARAAN PEMILU 2019

in Berita
17. 09. 28
posted by: Redaksi
Dilihat: 141

Siti Mudawiyah juga menyampaikan, dalam waktu dekat ini Lumajang akan menghadapi  3 (tiga) Pemilihan, yakni Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim bersamaan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018. Sedangkan di tahun 2017 ini juga KPU juga memasuki tahapan Pemilihan Umum 2019, memlilih Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota serta Presiden dan Wakil Presiden. “Melalui dialog interaktif Panorama Pagi Semeru FM ini KPU mengawali sosialisasi tahapan Pemilu 2019. Di setiap tahapan Pemilihan Umum ini, KPU Lumajang siap melayani kebutuhan masyarakat dan Partai Politik dalam berpartisipasi saat Pemilihan Umum 2019 nantinya” katanya kepada pendengar Radio Semeru FM, kamis (28/9/2017).

Menambahkan penyampaian Ketua KPU Lumajang, Rudy Hartono selaku Divisi Hukum mengatakan bahwa tahapan Pemilu yang harus disiapkan KPU dalam waktu dekat ini yakni pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2019. “Pada bulan oktober KPU RI akan membuka pendaftaran peserta pemilu ditingkat pusat. Kemudian KPU akan menetapkan berapa partai politik untuk diverifikasi. Dalam UU Pemilu dijelaskan verifikasi dilakukan untuk partai politik yang baru dan yang lama hanya secara administrasi saja” ungkap Rudy.

Usai dibukanya dialog interaktif pendengar radio yang memberikan pertanyaan seputar pemilu 2019 Salah satu pertanyannya yang cukup menarik dari penelpon bagiamana eksitensi partai politik dalam menghadapi pemilu  2019. Siti Mudawiyah menanggapi bahwa nantinya kita akan semarakan pra Pemilu dengan mengadakan pawai pemilu damai, yang mengikutsertakan seluruh peserta Pemilu. “ini tentunya jika sudah masuk tahapan penetapan partai politik peserta pemilu oleh KPU” jawab Mudawiyah.

Selain itu ada penelpon yang menanyakan kemudahan bagi pemilih disabilitas yang terkesan kurang mendapatkan akses mudah saat pada Pemilu-pemilu yang terdahulu. Namun, Yusuf Adi Pamungkas Divisi Umum, Keuangan dan Logistik menjamin kemudahan pemilih yang membutukan perhatian secara khusus sudah disiapkan piranti surat suara dengen huruf braile. “Sisi kemudahan akses tentunya kedepan akan lebih diperhatikan seperti akses ke TPS maupun lay out TPS yang lebooh ramah kepada penyandang disabel. Disisi lain KPU nantinya akan berkoordinasi dengan Panwas agar hak-hak mereka terjamin keamananya” jelas Yusuf.

Mengakhiri talkshow ini Siti Mudawiyah mengharapkan partisipasi masyarakat terkait kehadiran karena parameter utama keberhasilan dari penyelenggara partai pemilu adalah tingkat dari partisipas aktif dari masyarakat itu sendiri. Jika Pemilu terakhir di Lumajang partisipasi pemilih mencapai 70%, maka selanjutnya di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 kita berharap tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai 90%.  (dit/ist)

Kembali Ke Atas