RAPAT KORDINASI TERKAIT PEMBENTUKAN PPK DAN PPS UNTUK PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI LUMAJANG DENGAN PAK CAMAT

in Berita
17. 10. 06
posted by: Redaksi
Dilihat: 100

Dalam Rapat kordinasi (Rakor) ini terkait dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang seleksinya akan diselenggarakan pada 12 Oktober sampai 11 November 2017. Rapat yang dihadiri oleh kelima komisioner KPU Lumajang ini diadakan di Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Lumajang di Jalan veteran no 70 Lumajang.
Rapat ini dipimpin langsung oleh Ridhol Mujib selaku Divisi Partisipasi Masyrakat (Parmas) dan Sumber Daya Masyarakat (SDM). Ridho yang akrab disapa Edo ini menyampaikan “bahwa pada rapat ini salah satunya untuk menyampaikan kesedian Bapak Camat dalam rangka nanti badan ad hoc PPK akan terbentuk mohon kiranya nanti difasilitasi baik itu tempat ataupun staff kesetariatnya dan untuk proses pembentukan PPK bisa bekerja sama dengan baik antara kecamatan dan KPU Lumajang”.
Selanjutnya Ridhol menambahkan terkait dengan periode Petugas PPK dan PPS “jika sebelumnya pernah pernah menjabat sebagai anggota PPK atau PPS dua kali berturut ditempat yang sama tidak boleh lagi menjabat dijabatan yang sama PPK atau PPS kecuali dia harus naik jabatan misal di Panitia Pengawas Tingkat Kecamatan (Panwascam), sedangkan untuk umur minimal untuk menjadi anggota PPK atau PPS adalah 17 tahun” ujar Ridhocamat1
Dalam Pilkada 2018 yang termasuk 18 Kabupaten/Kota yang akan mengikutinya termasuk Kabupaten Lumajang yang akan diadakan bersamaan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Ridhol memperkirakan terdapat beberapa pasangan calon berdasarkan jumlah kursi yang ada di DPRD ”dari perhitungan ketemu untuk 4 pasangan calon dari Parpol dan 1 pasangan calon dari perseorangan, syarat dari pasangan calon perseorangan adalah minimal 7.5 % dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir. Setelah dihitung, jumlahnya ketemu minimal 62.745 foto copy KTP yang tersebar lebih dari 50% kecamatan yang ada di Kabupaten lumajang “ Kamis (5/10/2017).
KPU berharap selanjutnya setelah rapat kordinasi yang dilakukan antara Pak Camat dan Komisioner KPU lumajang yang berlangsung kurang lebih dua jam ini bisa bekerja sama dengan baik, terhadap penyelenggaran Pilkada di Kabupaten Lumajang, yang melibatkan 21 Kecamatan.

Kembali Ke Atas