SYARAT ANGGOTA PPK/PPS MINIMAL 17 TAHUN

in Berita
17. 10. 09
posted by: Redaksi
Dilihat: 239

Pada pembukaan Bimtek ini Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito  menyampaikan pentingnya respon dan pemahaman yang baik terhadap pelaksanaan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2018, khususnya pada tahapan pembentukan PPK/PPS yang akan dimulai pada tanggal 12/10 hingga 11/11/2017 mendatang. “Bimbingan Teknis Badan Ad Hock di Sarangan hari ini adalah respon KPU terhadap perkembangan pelaksanaan Tahapan Pemilihan dan Pemilu yang berhimpitan. Perkembangan terjadi begitu cepat. Maka kita harus cermat dan semangat menyelesaikan Tahapan dan pekerjaan dengan baik”, ujar Eko Sasmito.

Untuk itu perlu pemahaman bersama mengingat banyaknya pertanyaan mengenai aturan dalam perekrutan PPK/PPS ini. “Adanya perbedaan persepsi aturan yang berbeda mengenai jumlah dan syarat menajdi anggota PPK/PPS. Sehingga di BIMTEK ini kita perlu menyamakan persepsi mengenai hal tersebut. Khususnya jadwal hingga aturan teknis dalam masa tahapan pembentukan PPK/PPS” terang Eko.

Selanjtunya Eko Sasmito menjelaskan bahwa jumlah anggota PPK sesuai PKPU 12 Tahun 2017 masih berjumlah 5 orang. Tapi pada syarat usia sudah berubah menyesuaikan dengan UU 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. “Jumlah anggota tetap 5 orang. Namun usianya berubah menjadi minimal 17 tahun dari awalnya yang berusia minimal 25 tahun. Ini perlu direspon positif oleh KPU Kabupaten/Kota sehingga perlu menyiapkan SDM yang mampu bekerja maksimal, mengingat aturan pembatasan periodeisasi di maisng-masing tingkatan yang dibatasi 2 periode” jelasnya.

KPU Jatim berharap, dari bimtek ini KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur nantinya bisa mensosialisasikan mengenai aturan badan Ad Hock untuk Pilkada 2018,  utamanya aturan baru yang belum diketahui masyarakat. Minimal sebelum pengumuman dibuka, KPU Kabuapten/Kota segera mengumpulkan sejumlah stakeholder untuk memberikan informasi terkait perkembangan tersebut. (dit/ist)

Kembali Ke Atas