RAPAT KOORDINASI BERSAMA STAKEHOLDER TERKAIT, KPU LUMAJANG AJAK KERJASAMANYA SUKSESKAN PILKADA LUMAJANG 2018

in Berita
17. 10. 13
posted by: Redaksi
Dilihat: 92

Dalam kesempatan tersebut Siti Mudawiyah menyampaikan beberapa hal terkait Pilkada antara lain  Komponen unsur pemilahan yaitu Penyelenggaranya KPU dan dibantu oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang akan mengawasi Pilkada Kabupaten Lumajang nantinya. Termasuk peran Pemerintah Daerah  sangat dibutuhkan kaitannya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. ”Untuk Pemerintah Daerah perlu sekali mensukseskan Pilkada baik dari sisi anggaran maupun piranti piranti, dan komponen- komponen menurut Undang- Undang  dan juga masyarakat sendiri. Diharapkan peran serta stakeholder disini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada 2018. Agar optimisme KPU Lumajang dalam meningkatkan partisipasi pemilih bisa mencara 80 persen pemilih dibadningkan dengan pemilu terakhir Pilpers 2014 sekitar 70 persen” ujarnya.

Disinggung tentang tahapan yang sudah berlangsung, Ketua KPU Lumajang ini menjelaskan, bahwa di bulan oktober ini tahapan Pilkada KPU Lumajang sudah memasuki tahapan pendaftaran Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan suara (PPS). Sesuai tahapannya dimulai tangga; 12 oktober  2017 hingga 11 Nopember 2017. “Dalam PKPU rekrutmen PPK dan PPS yang terbaru ada perubahan menarik. Utamanya terkait usia minimal dan juga pola rekruitmen PPS yang berbeda dengan Pemilihan sebeblumnya. Di undang-undang 10 tahun 2016 tentang Pilkada dan undang – undang 7 tahun 2017 tentang Pemilu ada hal baru tekait pembentukan PPK/PPS yakni usia minimal 17 tahun. Sedangkan PPS yang dulunya harus melalui rekomendasi Kepala Desa atau pejabat desa setempat, untuk sekarag sudah menjadi tanggung jawab KPU. Dengan adanya perubahan peraturan ini  merupakan sebuah kemajuan, ketika generasi muda dilibatkan waluapun belum mempunyai pengalaman. Namun pada sisi idealisme diupayakan bisa mengawal penyelenggaraan Pilkada atau Pemilu kedepan menjadi lebih baik lagi” terang Mudawiyah.

Sementara tahapan yang juga sangat krusial yakni pada masa pemutakhiran daftar pemilih, pencalonan dan kampanye. Mudawiyah meminta semua pihak bisa mengawal proses itu agar bisa berjalan sesuai tahapan dan tidak menyisakan masalah yang bisa mengganggu kondusifitas Pilkada Lumajang yang juga bersamaan dengan tahapan Pemilu tahun 2019. (dit/ist)

Kembali Ke Atas