PENDAFTARAN PPK/PPS DI KPU LUMAJANG DI HARI KE ENAM MULAI MEMBLUDAK

in Berita
17. 10. 17
posted by: Redaksi
Dilihat: 546
KPU Lumajang
Pelayanan antrian pendaftar PPK dan PPS di Kantor KPU Lumajang

Lumajang,kpud-lumajangkab.go.id- Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lumjang yang akan dilaksanakan 27 Juni 2017 berbarengan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, sudah memasuki tahapan  untuk pendaftaran Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Pantia Pemungutan Suara (PPS)  yang dibuka mulai 12 Oktober 2017  dan akan berakhir 21 Oktober 2017. Memasuki masa pendaftaran di hari ke enam ini, tempat pendaftaran terlihat antri masyarakat yang akan mendaftar menjadi calon anggota PPK dan PPS. Sejauh ini menurut Komisioner KPU Lumajang, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan PARMAS) Muhamad Ridhol Mujib, trendnya semakin lama pendaftar bertambah banyak. Ini terjadi karena ada beberapa persyaratan yang membutuhkan waktu. Seperti legalisir ijazah terakhir dari pejabwat yang berwenang serta surat keterngan kesehatan dari puskesmas atau rumah sakit.Sehingga menurut Ridho perlu waktu agak lama dalam menyelesaikan persyaratan tersebut.

“Di hari keenam dibukanya pendaftaran PPK/PPS ini autusisme masyarakat mulai terlihat dibandingkan dengan lima hari sebelumnya. Yang hanya berkisar 34 pendaftar PPK dan 4 orang pendaftar PPS. Sehingga pelayanan yang biasanya hanya dibuka 2 meja pendaftaran, maka hari ini diitambah menjadi 3 meja pelayanan. untuk menghidari atrian panjang penyerahan berkas PPK /PPS tentunya” ungkap Muhamad Ridhol Mujib, selasa (17/10/2017) di kantor KPU Lumajang.

Sejauah ini dia membeberkankan, dari 21 kecamatan di Kabupaten Lumajang pendaftar PPK hampir semua kecamatan sudah ada pendaftar yang mengembalikan berkasnya. Untuk kecamatan yang paling banyak peminatnya adalah kecamatan Randuagung dengan total 8 pedafatar untuk PPK. Sedangkan untuk PPS yakni Kecamatan Tempeh sebanyak 11 pendaftar yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran. “Biasanya pendaftar akan membludak di hari-hari terakhir masa pendaftaran. Bisa saja di hari terakhir Sabtu (21/10/2017) peserta semain bertambah dan memenuhi kuota kebutuhan PPK dan PPS” ujar Ridho.

Kebutuhan PPK dan PPS dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018 ini sebanyak 605 orang anggota PPK di 21 Kecamatan dan 615 orang anggota PPS di 205 desa/ kelurahan di Kabupaten Lumajang. Data yang diterima, pendaftar yang sudah mengembalikan formulir pendaftarannya saat ini untuk PPK sebanyak 88 pendaftar dan PPS sebanyak 61 pendaftar.

Sesuai pengumuman yang diterbitkan KPU Lumajang pendaftaran dibuka setiap hari jam kerja 08.00 sampai 16.00 WIB. Sedangkan di hari terkahir sabtu (21/10/2017) pendaftaran akan dibuka hingga jam 24.00 WIB. (dit/ist)

Kembali Ke Atas