SPIRIT OF DEMOCRACY DI HARI LAHIRNYA PANCASILA 1 JUNI

in Berita
16. 06. 01
posted by: Redaksi
Dilihat: 550

 

Refleksi 71 tahun lahirnya Pancasila ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Siti Mudawiyah disela-sela aktivitasnya. Menurutnya, Hari Lahir Pancasila yang jatuh tepat pada hari ini, rabu (1/6/2016) harus dipahami sebagai spirit baru bagi semua komponen bangsa ini dalam membangun NKRI pada semua aspeknya.

“Peringatan lahirnya Pancasila ini jangan sekedar diperingati tanpa makna. Tapi lebih pada mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung pada sila-sila Pancasila itu sendiri. Apalagi pada aspek demokrasi, pancasila harus menjadi solusi yang mampu menjadi sistem alternatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” kata Siti Mudawiyah Ketua KPU Lumajang, di ruang kerjanya.

Tak terkecuali pada pembangunan demokrasi yang terus mengalami kemajuan khususnya pada konteks Penyelenggara Pemilu seperti KPU. Semangat1 Juni haruslah menjadi kebangkitan civitas demokrasi penyelenggara Pemilu secara profesional dan keterbukaan informasi publik bisa kita sajikan secara transparan dan bertanggung jawab. Tentunya dengan didasari ruh penyelenggaraan yang berintegritas, independen, akuntabel, mandiri dan professional.

“KPU harus memaknai harlah Pancasila ini untuk mengedepakan etos kerja yang bertanggungjawab pada kepentingan masyarakat, siap melayani kepentingan rakyat demi sebuah lembaga yang berintegritas, tetap dijalur independensinya” lanjut Muda panggilan akbranya.

Spirit of Democracyitu kata yang cocok dan musti dimiliki bagi segenap penyelenggara Pemilu.Sebab kedepan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu serentak bisa disajikan menu yang bisa membangkitkan selera demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang akan digelar serentak, termasuk di Kabupaten Lumajang. “hasil  terbaik dan memuaskan semua pihak,dengan peningkatan partisipasi pemilih, minimnya pelanggaran baik dari peserta pemilu maupun penyelenggara itu sendiri, menjadi salah satu indikator suksesnya penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada yang berkualitas dan berintegritas” sambungnya.

1 Juni dalam konteks demokrasi harus menjadi jiwa dan ruh seluruh rakyat Indonesia dengan segala kekayaan suku, budaya dan bahasanya. Keberagman ini cermin Demokrasi yang  harus kita junjung tinggi dan kita aplikasikan sesuai nilai-nilai Pancasila. “Bhineka Tunggal Ika harus bersatu melawan faham-faham yang berusaha merong-rong Pancasila dengan segala wujudnya. Persatuan dan kesatuan bangsa ini akan terus menegakkan Pancasila sebagai ideologi dasar negara kita Indonesia, Selamat Hari Lahir Pancasila” pungkas Mudawiyah. 

(DIO)

Kembali Ke Atas