Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Giat sosialisasi pemilu oleh KPU Lumajang kian hari semakin terasa betul. Wujud komitmen KPU sebagai penyelenggara dalam menyukseskan ajang pesta demokrasi 5 tahunan ini sungguh membanggakan. Tidak tanggung-tanggung pada sosialisasi lanjutan kali ini menyasar 100 karyawan pemetik dan perawat teh. Mereka merupakan karyawan PTPN XII Gucialit, Lumajang.

Kegiatan sosialisasi yang diadakan pada Jum’at pagi (8/02) terlihat begitu hangat. Meskipun dalam suasana bincang santai, namun mereka juga sangat menunjukkan antusiasmenya. Hal ini tercermin saat mereka dengan seksama mendengarkan informasi tentang pemilu yang disampaikan oleh relawan demokrasi. “Karyawan PTPN ini juga harus memperoleh segala informasi yang sama mengenai pemilu,” kata Muhamad Ridhol Mujib.

Salah satu Komisioner KPU Lumajang yang menjabat sebagai Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini merasa masih belum puas melakukan kegiatan sosialisasi pemilu. Luasnya daerah Lumajang terlebih wilayah bagian yang berada di zona pinggiran tentunya juga diharapkan bisa tersentuh.

“Sosialisasi selama Februari ini tidak hanya sampai di PTPN XII. Terhadap kawasan lain akan terus kita masifkan. Masyarakat yang berada di pinggiran di mana mereka jauh dari akses kota tentu harus dipastikan mengetahui dan memahami pemilu tahun ini. Terlebih jenis-jenis pemilu dan warna surat suaranya,” tegas pria yang kerap disapa Edo KPU ini saat memberikan keterangan di Kantor KPU Lumajang.

Kedepan diharapkan usai acara sosialisasi dan pendidikan pemilih ini, para karyawan PTPN turut menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat sekitar. Ini agar seluruh lapisan masyarakat Lumajang dapat menikmati pesta demokrasi begitu ceria dengan memberikan hak pilihnya saat di TPS pada 17 April 2019 mendatang. (jav)