Sidoarjo, kpud-lumajangkab.go.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito meminta  seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur bekerja efektif dan efisien dalam  melaksanakan semua tahapan Pemilu 2019 maupun Pemilihan Serentak 2018. Mengingat kedua tahapan tersebut berjalan bersamaan meski ada beberapa tahapan yang tak perlu dilakukan bagi yang menyelenggarakan Pilkada saja.  Pernyataan tersebut  disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilu 2019 di Sun Hotel Sidoarjo, Rabu (25/4).

Dia juga mengingatkan khususnya Divisi SDM dan Parmas harus bisa memenuhi tahapan dalam pembentukan KPPS. “Karena pembentukan KPPS wewenang Divisi SDM dan Parmas mulai  sekarang sudah harus didiskusikan setiap kendala  yang dilalui saat pembentukan PPK dan PPS, mungkin ada  kesamaan problem”  tegas Eko.

Divisi Hukum KPU Jatim ini lebih lanjut menilai bahwa evaluasi ini penting sebagai salah satu tahapan paska pembentukan PPK dan PPS yg dilakukan oleh KPU kabupaten/kota mengingat setelah itu ada tahapan yg cukup krusial terkait pembentukan KPPS Pemilu juga. “KPU Jatim ingin memastikan bahwa pembentukan PPK dan PPS Pemilu 2019 tidak menimbulkan masalah yg berarti ditengah berjalannya tahapan pemilu dan Pilkada yang bersamaan” pintanya.

Seperti diberitakan sebelumnya RAKOR evaluasi pembentukan badan adhoc pemilu 2019 selain dihadiri Divisi SDM dan Parmas di 38 KPU kabupaten/kota se-Jatim tapi juga dihadiri Kasubbag yang membidangi pembentukan badan adhoc KPU kabupaten/kota.