Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Para ibu memang seringkali memiliki peran dan fungsi luar biasa terhadap sebuah momen. Kemeriahan yang diciptakan oleh para ibu semakin menegaskan bahwa kehadirannya pada sebuah acara tak boleh dianggap sebelah mata. Terbukti kehadirannya mampu membuat sebuah acara berlangsung begitu meriah. Rupanya hal inilah yang diyakini oleh Relawan Demokrasi Basis Keluarga.

Dengan menggandeng para ibu-ibu yang berada dalam wadah kelompok arisan pengajian, relawan demokrasi ingin berusaha memaksimalkan peran para ibu. Berada pada posisi terdepan sebagai pioner penerus informasi yang efektif, tentu sangatlah maksimal jika para ibu arisan sudah seiya sekata.

“Para ibu arisan pengajian sangatlah potensial. Mereka memiliki keunggulan jika berhadapan dengan sebuah moment. Dan melalui momen Pemilu 2019 ini kami sangat berupaya keras menggandeng ibu-ibu arisan dalam rangka menebar semangat demokrasi,” kata Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Muhamad Ridhol Mujib, Minggu siang tadi (3/02/2019).

Kelompok arisan ibu-ibu pengajian yang tepatnya berlokasi di Desa Barat, Kecamatan Padang, juga mendapatkan kejutan dari para relawan demokrasi. Lebih tepatnya kuis demokrasi digelar untuk para ibu arisan. Kuis ini diberikan seusai mereka mendengarkan sosialisasi dan pendidikan pemilih oleh para relawan demokrasi.

Ibu-ibu arisan pengajian yang hadir dan berjumlah 30 an itu sontak membuat acara semakin heboh. Untuk bisa mendapatkan hadiah hingga door prize para ibu diharuskan mampu menjawab pertanyaan dari panitia kuis. Di mana sejumlah pertanyaan yang diberikan temanya berfokus mengenai pemilu.

“Sebagai sesuatu yang diharapkan mampu menstimulus kemeriahan pesta demokrasi adalah diadakannya kuis. Semacam kuis demokrasi seputar pemilu beserta hadiah kita berikan kepada para ibu arisan pengajian manakala mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan,” ungkapnya.

Sorak sorai tepuk tangan pun semakin menghiasi kemeriahan jalannya kuis. Namun terlepas dari itu semua, para ibu arisan pengajian berkomitmen untuk turut andil sebagai garda terdepan dalam meneruskan informasi mengenai pemilu agar masyarakat dengan semangat keceriaan berbondong-bondong menuju TPS menggunakan hak pilihnya

“Tak dipungkiri bahwasannya melalui suara para ibu arisan pengajian Desa Barat, Kecamatan Padang, mampu menyebarkan virus keceriaan semangat demokrasi dimanapun berada. Tentu muaranya untuk bersama berbondong-bondong menuju TPS di mana warga terdaftar guna menyalurkan hak pilihnya 17 April mendatang,” pungkasnya. (Jav)