Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Mendekati Pemilu yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di pelosok desa. Melalui Relawan Demokrasi, KPU memberikan pemahaman dengan berbagai pendekatan.

Pada Selasa (5/2), giliran Relawan Demokrasi Basis Perempuan melakukan sosialisasi kepada kelompok arisan ibu-ibu di Desa Bodang, Kecamatan Padang.

Dengan penuh kesabaran, Relawan Demokrasi memberikan penjelasan mengenai Pemilu Serentak 2019 yang terdiri dari Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Selain itu, Relawan Demokrasi juga mempraktikan tata cara melipat 5 jenis surat suara Pemilu 2019 berupa specimen yang sudah disediakan KPU Lumajang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan ibu-ibu mengenal dan memahami tata cara pemungutan suara pada tanggal 17 April nanti.

Kumpulan ibu-ibu tersebut tampak antusias ketika mereka juga ikut mempraktikan cara melipat surat suara secara bergantian. Meski awalnya sempat kesulitan, namun setelah beberapa kali mencoba dan dipandu relawan, akhirnya hampir semua peserta bisa melipat specimen surat suara sesuai dengan petunjuk. “Para ibu juga kita berikan pengetahuan tentang tata cara melipat kertas surat suara. Selain juga tentunya mengenai jenis-jenis pemilu dan warna surat suara” tuturnya.

Agar lebih menarik antusiasme para ibu-ibu, Relawan Demokrasi juga menyiapkan kuis berupa pertanyaan terkait Pemilu 2019. Bagi ibu-ibu yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar, akan mendapatkan doorprise yang telah disediakan oleh Relawan Demokrasi. (jav/hes)