Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Di hari akhir pekan tentu menjadi kesempatan yang akan dimanfaatkan untuk melepas kepenatan selama menjalani rutinitas kerja. Seperti yang terlihat di acara Car Free Day di Alun-alun Lumajang. Banyak kerumunan orang berkumpul menikmati santai di hari Minggu (10/02) pagi tadi. Rupanya CFD dimanfaatkan betul oleh Relawan Demokrasi Basis Netizen.

Para relawan demokrasi di acara CFD pada Minggu (10/02) beberapa saat jam tadi melakukan serangkaian sosialisasi dan pendidikan pemilih. Mereka para relawan santai namun serius berbincang hangat dengan berbagai sekumpulan orang yang kala itu menikmati Minggu libur akhir pekan di alun-alun. Masyarakat yang berasal dari macam lapisan pagi tadi diberikan pemahaman tentang pemilu. Tahapan-tahapan dalam pemilu seperti bagaimana cara mencoblos, melipat kertas surat suara dan jenis-jenis pemilu mereka sampaikan.

“Penyampaian sosialisasi pendidikan pemilu di CFD akhir pekan kita berikan juga dalam suasana gembira. Santai namun serius adalah cara kita untuk bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat utamanya saat akhir pekan agar mereka benar-benar bisa menikmati pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang dengan suasana ceria. Oleh karena itu, metode-metode lain dalam sosialisasi terus kita upayakan untuk kesuksesan bersama pada pemilu tahun ini khususnya untuk warga Lumajang,” tutur Muhamad Ridhol Mujib Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lumajang yang kala itu juga berada di CFD Minggu (10/02) pagi tadi.

Lanjutnya, Relawan Demokrasi Basis Netizen mempunyai jiwa semangat demokrasi di mana dalam setiap langkahnya mereka akan selalu berusaha menyuguhkan kesejukan sosialisasi pendidikan pemilih yang dibingkai dengan keceriaan dan kesadaran bersama untuk mewujudkan negara kuat berdaulat melalui pemilu tanpa golput. “Pemilu ini milik kita bersama. Keceriaan bersama harus kita wujudkan demi terselenggaranya pemilu berkualitas tanpa golput,” imbuhnya.

Sementara itu Andre beserta kawan-kawannya yang saat itu mendapatkan sosialisasi mengapresiasi usaha para relawan demokrasi yang telah memberikan pemahaman tentang pemilu. Dirinya merasa begitu bangga sebagai generasi muda nantinya bisa ikut menentukan arah bangsa melalui pemilu dengan menggunakan hak pilihnya di TPS terdaftar pada 17 April 2019 mendatang. “Kami senang dan bangga bisa ikut pemilu. Kita sepaham bahwa masa depan bangsa ditentukan oleh kesadaran masyarakatnya memberikan hak pilih di TPS,” katanya seraya tersenyum ceria bersama kawan-kawannya di sela-sela istrhat paginya usai menikmati CFD di Alun-alun Lumajang pada Minggu pagi tadi. (jav)