Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Jelang 26 hari menuju Pemilu 2019, KPU Lumajang terus memberikan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat Lumajang.

KPU Lumajang melalui bantuan Relawan Demokrasi melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu di Desa Sawaran Kulon, Kedungjajang pada Jum’at (22/3). Sosialisasi yang dilakukan Relawan Demokrasi Basis Perempuan ini dihadiri sekitar 48 ibu-ibu.

Kedatangan Relawan Demokrasi disambut hangat oleh ibu-ibu Sawaran Kulon.

Seperti sosialisasi sebelumnya, Relawan Demokrasi memberikan materi Pemilu yang meliputi waktu pelaksanaan Pemilu serentak, pengertian jenis pemilih, jumlah surat suara, warna surat suara, jumlah partai politik dan dapil.

Sebelum tim Relawan Demokrasi datang, tampaknya sebagian besar ibu-ibu Sawaran Kulon sudah mengetahui tentang adanya Pemilu dan waktu pelaksanaannya.

Namun, mereka baru mengetahui bahwa dalam Pemilu tahun ini ada 5 jenis pemilihan yang terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Keberadaan Relawan Demokrasi dianggap sangat penting bagi mereka. Karena Relawan Demokrasi memberikan pengetahuan Pemilu yang belum didapatkan.

Selain itu, Relawan Demokrasi juga mengajak ibu-ibu tidak golput dan menggunakan hak pililihnya dengan bijak. (hes)