Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Semakin dekatnya pemungutan suara yang akan dilakukan tanggal 27 juni 2018, surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah Lumajang 2018 telah selesai dicetak kemarin Sabtu 12 Mei dan sudah dikirim ke KPU Lumajang, hari ini minggu (13/5). Sebanyak 418 dus surat suara dikirim ke KPU Lumajang dengan menggunakan satu kendaraan mobil box dengan dikawal ketat dua anggota kepolisian dari Polres Lumajang. Anggota KPU  Kabupaten Lumajang divisi Keuangan,umum dan logistik Yusuf Adi Pamungkas menjelaskan bahwa sebanyak 812.479 ditambah 2,5 % surat suara cadangan sebanyak 21.221 siap dilipat di kantor KPU Lumajang. “”Total surat suara yang siap dilipat  untuk Pilbup Lumajang sebanyak 833.700 temasuk cadangan 2,5% dari DPT. Sekarang tinggal menjadwalkan  kapan pelipatan dilakukan” katanya. Selain jumlah tersebut kata Yusuf ada sebanyak 200.00 surat suara untuk Pemilihan Ulang juga sudah selesai dicetak dan sekarang sudah berada Kantor KPU Lumajang dengan penjagaan ketat selama 24 jam dari kepolisian Polres Lumajang. “Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan KPU juga harus menyediakan surat suara untuk Pemilihan ulang meski nanti tidak terpakai. Ini hanya sebatas antisipasi saja jika ada Pemilihan ulang” katanya.

Dia merinci jumlah total surat suara yang sudah dicetak dan tiba di Kantor KPU Lumajang sebanyak 835.700 surat suara. “Jadi totalnya 835.700 surat suara baik yang sejumlah DPT serta 2,5% cadangan termasuk 2000 surat suara untuk Pemilihan ulang” rincinya.

Surat suara itu dicetak di  Surabaya kemudian dikirim ke Lumajang,nantinya surat suara ini akan dipindahkan ke gudang logistik yang telah disiapakan KPU, Kemudian KPU  mengerahkan petugas untuk melipat suara. Yusuf tak merinci detail berapa petugas KPU yang diminta melipat suara. Selain itu, petugas juga akan menyortir surat suara yang rusak. “Mungkin ada yang rusak, sehingga perlu disortir lalu nanti dilipat,” katannya.

Dia menegaskan bahwa surat suara, sudah memuat nama dan gelar dari masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018 sesuai desain yang telah disetujui oleh masing-masing Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang akhir bulan lalu.