Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sebanyak 1.200 dus atau 600.000 lembar surat suara untuk Pemilu 2019 di Lumajang telah tiba di Gudang Logistik KPU, Kamis (21/2).

Pengawalan ketat dari aparat kepolisian turut menyertai pengiriman surat suara dari percetakan Temprina Jember menuju gudang logistik KPU yang berlamatkan di Jalan Amanda Lumajang.

Kedatangan logistik tersebut disambut langsung oleh anggota Ketua KPU Kabupaten Lumajang dan Bawaslu Lumajang.

Sebelum pemindahan surat suara, Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah dan anggota Bawaslu Lumajang, Ahmad Mujaddid MR membuka pintu kontainer. Siti Mudawiyah merobek stiker segel KPU yang dikaitkan di pintu.

Selanjutnya, pemindahan surat suara dilakukan secara bertahap ke dalam gudang logistik KPU.

“Surat suara yang pertama tiba adalah surat suara jenis DPR RI. Sisanya, sekitar 251.755 lembar surat suara, akan dikirim esok hari bersamaan dengan surat suara jenis DPRD Provinsi.” Ujar Mudawiyah panggilan akrab Ketua KPU Lumajang.

Sementara itu, pengiriman surat suara untuk pemilih di Lumajang dilakukan secara bertahap. Rencananya, pengiriman surat suara akan berlangsung hingga Selasa (25/2).

Lembar surat suara yang tiba di Gudang Logistik KPU Lumajang, rencananya akan langsung diproses yakni pelipatan. Pengerjaan pelipatan tersebut melibatkan tenaga sukarelawan yang direkrut dari masyarakat di Kabupaten Lumajang dan akan dipantau langsung oleh KPU Lumajang, Bawaslu dan pihak Kepolisian hingga selesai. (hes)