Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Setelah melalui proses seleksi administrasi selama dua hari, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang akhirnya menetapkan 99 calon relawan demokrasi Pemilu serentak 2019 yang lolos administrasi, hari ini selasa (15/1). Menurut Komisioner KPU Kabupaten Lumajang, Muhamad Ridhol Mujib usai Rapat Pleno penetapan calon Relasi, di Ruang Rapat Rumah Pintar Pemilu Kirana Agung KPU Lumajang. Dari 104 calon yang mendaftar Relawan Demokrasi ada 5 pendaftar yang tidak memenuhi syarat karena tidak melampirkan dalam berkas pendaftaran.

Dari kelima pendaftar empat diantaranya tidak melampirkan surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS dimana dia berdomisili. Sedangkan satu orang pendaftar tidak melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai 6000. “Padahal panitia penerima pendaftaran sudah memberikan cek lis kekurangan administrasi yang harus dilengkapi dan memberikan kelonggaran bisa dikirim melalui email di bagian teknis KPU Kabupaten Lumajang, pada hari itu juga hingga pukul 24.00 WIB ” ujar Muhamad Ridhol Mujib.

Kelonggaran tersebut kata Ridho panggilan akrabnya, hanya diberikan bagi pendaftar yang sudah mendaftar sebelum waktu pendaftaran ditutup pada pukul 16.00 WIB hari senin (14/1) kemarin. Sedangkan hingga batas waktu pukul 24.00 WIB tidak ada satupun dari kelima orang pendaftar tersebut mengirimkan kekurangan persyaratan yang harus dilengkapi. “Karena hingga batas waktu berakhir dan tidak ada melakukan perbaikan dan mengirimkan berkas yang kurang, akhirnya putusan kami kelima pendaftar tersebut tidak diloloskan dalam seleksi wawancara” katanya.

Pihaknya meminta kepada seluruh calon relasi yang sudah dinyatakan lolos administrasi untuk menyiapkan mental dan kemampuan lainnya, agar nanti bisa menjawab semua pertanyaan saat wawancara berlangsung. Sebab KPU Kabupaten Lumajang akan menjaring 55 relawan demokrasi yang handal dan bisa bekerja penuh waktu, serta mampu menerjemahkan Pemilu serentak 2019 dengan bahasa yang mudah dipahami sesuai basis pemilih yang sudah ditentukan. “Pesan kami siapkan mental agar bisa meyakinkan kami untuk dipilih menjadi relawan demokrasi, karena tugasnya sangat berat harus bisa mensosialisasikan pemilu sesuai basisnya” terangnya.

Seperti yang telag diumumkan KPU Kabupaten Lumajang sebelumnya, pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 ini, setelah dinyatakan lolos, akan mengikuti seleksi wawancara selama dua hari, dengan pembagian nomor urut 1-50 wawancaranya dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2019 pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan nomor urut 51-99 wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2019 pukul 08.00-16.00 WIB di Kantor KPU Kabupaten Lumajang Jl. Veteran 70 Lumajang. Info lebih lengkap bisa dilihat di papan pengumuman atau di laman KPU Kabupaten Lumajang https://kpud-lumajangkab.go.id. (res)