Lumajang,Kpu-Lumajangkab.go.id- Divisi  Teknis KPU Kabupaten Lumajang menggelar Bimtek  Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lumajang tahun 2018 dengan mengundang PPK dari 21 kecamatan di Kabupaten Lumajang terutama untuk Divisi  Teknis dan juga Ketua PPK yang bertempat di Rumah Pintar Pemilu di Jalan Veteran no 70 Lumajang, turut hadir dalam bimtek Divisi Perencanaan dan Data Syamsul dan Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas Ida Nur Farida. Selasa (12/12/2017).

Dalam sambutanya Ketua KPU Lumajang Siti  Mudawiyah” menyapaikan nantinya pada bimtek ini nantinya saya akan mengupas dari PKPU 3 tahun 2017 nantinya agar anggota PPK disini bisa mempunyai wawasan tentang pencalonan, karena wilayah pencalonan menjadi ranah KPU nanatinya kawan – kawan PPK tidak banyak aktivitas disini  tetapi ketika pencalonan berlansung kawan – kawan juga bisa mengetahui setiap tahapanya” ujarnya.

Siti Mudawiyah menyampaikan “dalam penyelenggara Pemilihan ada empat komponen yaitu Partai politiknya,penyelenggara itu sendiri bagaimana menyelenggarakan suatu pemilihan, Pemerintah itu sendiri bagimana  menggerakan aparat aparat dibawahnya, dan yang terakhir partisipasi masyarakat sendiri dalam Pilkada kabupaten Lumajang 2018” ujarnya pada pemaparan materi.

Untuk mencalonkan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lumajang  untuk pasangan dari Partai Politik harus memiliki suara 20 % dari Dewan Perwakilan Rakayat Daerah  (DPRD) Kabupaten  Lumajang  yang jumlah kursinya 50 kursi  maka jika 20 % adalah 10 kursi atau  25 % Suara Sah DPRD Kabupaten Lumajang yaitu 576.80 dan jika 25 % total suaranya adalah144.200.  Untuk  Daerah Pemilihan (Dapil) pada Kabupaten Lumajang tidak ada penambahan dapil dan tetap untuk alokasi kursi 50 untuk DPRD Lumajang karena penduduk anatara 1 sampai 3 juta pada daerah  sudah di tetapkan 50 kursi .

Dan untuk pembagian dapil  pada kabupaten Lumajang ada 5 dapil yang terdiri dari Dapil 1 yang meliputi Kecamatan (Lumajang, Jatiroto,Sumbersko, Tekung, Jatiroto), Dapil 2 yaitu (Yosowilangun,Kunir,Tempeh ,Rowokangkung), Dapil 3 (Pasirian, Candipuro, Projiwo, Tempursari ), Dapil 4 (Gucialit,Pasrujambe,Senduro,Padang) dan yang terakhir Dapil 5 (kedungjajang, Ranuyoso, Randuagung,klakah).

Mengakhir pemaparan materi yang disampaikan oleh Ida Nurfarida terkait dengan kampanya pemilihan Bupati dan wakil Bupati nanati KPU Kabupaten Lumajang akan membuat SK yang nantinya akan dibahas bersama oleh pihak pihak terkait terutama pihak polres, satpol PP dan panwas  nantinya terkait dengan aturan aturan yang akan diberikan terkait pasangan calon , nantiny akan kita share ke anggota PPK agar tau mana wilayah wilayah kerjanya .