Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sebanyak 180 baliho dan 676 spanduk sudah diserahkan kepada peserta Pemilu 2019 oleh KPU Kabupaten Lumajang. Dari jumlah tersebut semuanya Alat Peraga Kampanye yang difasilitasi KPU Kabupaten Lumajang melaui anggaran DIPA KPU tahun 2018. Penyerahan tersebut diberikan langsung kepada Tim kampanye Paslon Presiden dan Wakil Presiden, Pelaksana Kampanye Pemilu DPRD kabupaten dan Pelaksana Kampanye Calon Anggota DPD Jatim.

Sebelum diserahkan secara simbolik, Anggota KPU Kabupaten Lumajang, Muhamad Ridhol Mujib mengingatkan agar APK yang sudah diserahkan bisa dipasang di seluruh wilayah kabupaten Lumajang. Namun, pemasangannya harus sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PKPU 33 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu dan Perbup Lumajang Nomor 54 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan reklame. “Mulai hari ini APK nya sudah bisa dipasang. Tapi jangan melanggar aturan, baik PKPU maupun Peraturan Bupati Lumajang. Karena melanggar ketentuan tersebut bisa kena sanksi administratif dengan diturunkan oleh Bawaslu dan satpol PP” ujar Ridho, (7/11).

Bawaslu Kabupaten Lumajang lanjutnya, akan memelototi pemasangan APK semua peserta Pemilu yang difasilitasi KPU ini. Makanya, KPU menghimbau agar seluruh peserta Pemilu memahami dan mengetahui loaksi pemasangan sesuai Keputusan KPU Kabupaten Lumajang Nomor: 61/PL.01.5-Kpt/3508/KPU-Kab/XI/2018./ “Pemasangannya jangan di fasilitas pemerintah, tempat pendidikan dan tempat ibadah. Dan juga jangan dipaku di pohon atau secara etika dan estetika kurang elok, tolong itu ditaati” ungkap Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Lumajang.

Usai penyampaian loaksi pemasangan APK, KPU Kabupaten Lumajang secara simbolik menyerahkan APK kepada peserta Pemilu 2019, dimulai dari Tim Kampanye Paslon Capres dan Cawapres, Pelaksana Kampanye Pemilu DPRD Kabupaten Lumajang dan Pelaksana Kampanye Pemilu DPD Jatim berikut Berita Acara penyerahannya. (rez)