Surabaya,Kpud-Luamjangkab.go.id– Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabuapaten Lumajang menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018. Rangkaian rapat pleno digelar di aula lantai II kantor KPU Jatim, KPU kabupaten Lumajang diawakili oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah dan didampingi oleh Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Syamsul. Jumat (20/4/2018)

Rapat Pleno dihadiri oleh Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, Anggota KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, Choirul Anam dan Muhammad Arbayanto, Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi. Sedangkan peserta Rapat Pleno terdiri Ketua dan Divisi Perencanaan dan Data dari 38 KPU Kabupaten/ Kota, serta Tim Pemenangan dari kedua paslon.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam sebelum memulai rapat pleno mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengadakan rapat koordinasi bersama untuk penyampaian draf rekapitulasi. Hasilnya, draf rekapitulasi daftar pemilih tetap jumlah DPT dan TPS di Provinsi Jawa Timur ada penurunan dalam jumlah pemilih bila dibandingkan dengan Pemilu 2014 yang lalu.

“Hasil rekepitulasi dan penetapan DPT Pilgub sebanyak 30.155.719 orang dari jumlah TPS 67.644  jumlah itu menurut karena ada beberapa hal salah satunya penduduk meninggal dunia Selain itu juga ada yang belum ber-KTP Elektronik dan ada juga pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sehingga mengalami penuruna”. Ujarnya.Bagi yang belum mempunyai E-KTP semisal, menurutnya bisa menggunakan dan memakai Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat.