Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sebelum pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) jelang hari tenang Pemilihan serentak, KPU Kabupaten Lumajang menggelar apel bersama Panwaslu, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP Kabupaten Lumajang, di Kantor KPU Jalan Veteran 70 Lumajang, sabtu (23/6) pukul 23.00. Apel yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Lumajang, untuk memastikan kesiapan pasukan pembersihan APK Pemilihan Gubnernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

Dalam arahannya, Siti Mudawiyah menyampaikan pembersihan akan dilakukan serentak se-kabupaten Lumajang mulai pukul 00.00 tengah malam nanti. Sebab memasuki tanggal 24 Juni sudah masuk hari tenang tiga hari sebelum hari tenang. “Pembersihan ini akan kita lakukan tepat pukul 12 malam. Karena mulai 24 Juni sudah masuk hari tenang. Dilarang ada kampanye dalam bentuk apapun” ujarnya.

Mudawiyah menjelaskan, pembersihan ini akan dibagi dua tim. Semua tim akan membersihkan APK dalam bentuk baliho dan billboard. Tim pertama akan melakukan penyisiran APK ke wilayah utara meliputi kecamatan sukodono dan kedungjajang. Sedangkan tim kedua membersihkan kecamatan lumajang dan sumbersuko dan tekung. “kedua tim hanya membersihkan aliho dan billboard saja. Karena umbul-umbul dan spanduk akan dibersihkan PPK dan Panwascam beserta PPS dan PPL” jelasnya.

Usai melakukan apel, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Lumajang mengecek semua kebutuhan dalam pembersihan APK ini. Termasuk mengecek kesiapan kendaraan crane yang akan dipakai untuk menjangkau billboard yang terpasang di tempat yang tinggi.