Apple membantah temuan Prancis, mengatakan iPhone 12 memenuhi aturan radiasi

admin Avatar

Posted on :

Logo Apple digambarkan di toko Apple di Paris, Prancis 17 September 2021. REUTERS/Gonzalo Fuentes/File Foto Memperoleh Hak Lisensi

  • Prancis memerintahkan Apple untuk berhenti menjual iPhone 12s
  • Watchdog mengatakan tes menunjukkan tingkat radiasi melanggar aturan UE
  • Apple mengatakan ponselnya mematuhi semua standar radiasi global
  • PARIS, 13 September (Reuters) – Apple (AAPL.O) mempertahankan model iPhone 12-nya pada hari Rabu setelah pengawas Perancis memerintahkan penghentian penjualannya dengan alasan pelanggaran batas paparan radiasi Eropa.

    Regulator jaringan Jerman BNetzA mengatakan pihaknya mungkin akan meluncurkan proses serupa dan melakukan kontak dekat dengan pihak berwenang Prancis.

    Apple mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa iPhone 12, yang diluncurkan pada tahun 2020, telah disertifikasi oleh beberapa badan internasional sebagai sesuai dengan standar radiasi global, bahwa mereka telah memberikan beberapa hasil laboratorium Apple dan pihak ketiga yang membuktikan kepatuhan ponsel tersebut kepada badan Prancis, dan bahwa itu sedang menentang temuannya.

    Agence Nationale des Fréquences (ANFR) Prancis mengatakan kepada Apple pada hari Selasa untuk menghentikan penjualan iPhone12 di Prancis setelah tes yang dikatakan menunjukkan Tingkat Penyerapan Spesifik (SAR) ponsel – ukuran tingkat energi frekuensi radio yang diserap oleh tubuh dari sebuah peralatan. – lebih tinggi dari yang diizinkan secara hukum.

    Badan pengawas tersebut mengatakan akan mengirim agen ke toko Apple dan distributor lain untuk memeriksa model tersebut tidak lagi dijual dan kegagalan untuk mengambil tindakan akan mengakibatkan penarikan iPhone 12 yang sudah dijual kepada konsumen.

    Pakar industri mengatakan tidak ada risiko keselamatan karena batasan peraturan mengenai SAR ditetapkan jauh di bawah tingkat yang menurut para ilmuwan telah menemukan bukti adanya bahaya.

    Para peneliti telah melakukan sejumlah besar penelitian selama dua dekade terakhir untuk menilai risiko kesehatan yang diakibatkan oleh ponsel. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, berdasarkan penelitian selama puluhan tahun, sejauh ini tidak ada dampak buruk terhadap kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel.

    Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, yang menetapkan pedoman global mengenai batas SAR, mengklasifikasikan medan elektromagnetik frekuensi radio yang dihasilkan dari penggunaan telepon seluler sebagai “kemungkinan karsinogenik” pada tahun 2011. Penunjukan ini – yang juga mencakup pemanis aspartam, ekstrak lidah buaya, dan beberapa acar sayuran – menandai adanya bukti terbatas mengenai sesuatu yang berpotensi menyebabkan kanker, dan juga dimaksudkan untuk memotivasi penelitian lebih lanjut.

    INGAT ANCAMAN

    ANFR mengatakan laboratorium terakreditasi telah menemukan penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh sebesar 5,74 watt per kilogram selama pengujian yang disimulasikan ketika iPhone 12 dipegang di tangan atau disimpan di saku celana. Standar Eropa adalah tingkat penyerapan spesifik 4,0 watt per kilogram.

    ANFR menambahkan, pengujian menunjukkan ponsel tersebut memenuhi apa yang disebut standar body-SAR ketika disimpan di saku jaket atau tas. Ia juga lulus tes Perancis ketika dipegang langsung di kepala seolah-olah sedang melakukan panggilan telepon.

    “Dari sudut pandang kesehatan dan keselamatan, hal ini tidak membahayakan siapa pun,” kata Profesor Rodney Croft, ketua Komisi Internasional untuk Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), yang menetapkan pedoman global mengenai perlindungan radiasi non-ionisasi (ICNIRP). Batasan SAR. Batasan tersebut sudah ditetapkan sepuluh kali lipat di bawah tingkat di mana para ilmuwan menemukan bukti adanya bahaya, tambahnya.

    Croft juga mengatakan temuan di Perancis mungkin berbeda dari temuan yang dicatat oleh regulator lain karena ANFR menilai radiasi dengan metode yang mengasumsikan kontak kulit langsung, tanpa lapisan tekstil perantara, antara perangkat dan pengguna.

    Menteri Muda Ekonomi Digital Perancis, Jean-Noel Barrot, mengatakan pembaruan perangkat lunak akan cukup untuk memperbaiki masalah radiasi.

    “Apple diperkirakan akan merespons dalam waktu dua minggu,” katanya kepada harian Le Parisien dalam sebuah wawancara pada Selasa malam, dan menambahkan: “Jika mereka gagal melakukan hal tersebut, saya siap untuk memerintahkan penarikan kembali semua iPhone 12 yang beredar. Aturannya adalah hal yang sama untuk semua orang, termasuk raksasa digital.”

    ANFR kini akan menyampaikan temuannya kepada regulator di negara-negara anggota Uni Eropa lainnya. “Secara praktis, keputusan ini bisa menimbulkan efek bola salju,” kata Barrot.

    Pengawas radiasi Jerman, BfS, mengatakan keputusan Perancis ini bisa berdampak pada seluruh Eropa.

    “Prosedur di Perancis memiliki fungsi panduan bagi Eropa secara keseluruhan”, kata regulator jaringan BNetzA Jerman, seraya menambahkan bahwa pihaknya mungkin akan meluncurkan proses serupa di Jerman.

    Apple tidak membagi penjualannya berdasarkan negara atau model. Pendapatannya berjumlah sekitar $95 miliar di Eropa pada tahun lalu, menjadikan kawasan ini terbesar kedua setelah Amerika. Beberapa perkiraan mengatakan mereka menjual lebih dari 50 juta iPhone tahun lalu di Eropa. Perusahaan meluncurkan iPhone 15 pada hari Selasa.

    Laporan oleh Mathieu Rosemain, Tassilo Hummel, Hakan Ersen dan Jennifer Rigby; tulisan oleh Silvia Aloisi; penyuntingan oleh Mark Potter

    Standar Kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

    Dapatkan Hak Lisensi, buka tab baru

    Mathieu adalah bagian dari tim keuangan Reuters, yang meliput bank-bank Prancis dan kisah-kisah merger dan akuisisi besar di negara tersebut dan di Eropa. Lulusan Universitas Sciences Po, Mathieu sebelumnya meliput teknologi di Reuters, setelah sebelumnya bertugas di Bloomberg News dan harian bisnis Prancis Les Echos.

    Source link

    Pola Slot Gacor Terbaru

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *