Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Di hari kedua tahun baru 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang melakukan penerimaan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) peserta pemilu 2019 hari ini, Rabu (2/1). Penerimaan LPSDK dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB, di kantor KPU Lumajang Jl. Veteran 70 Lumajang.

Kasubag Hukum KPU Lumajang, Achmad Mahmud mengungkapkan jika penerimaan LPSDK dilakukan satu (1) hari ini saja (Rabu, 2/1). “Adapun peserta pemilu yang menyerahkan LPSDK ke KPU Jatim, yakni partai politik tingkat kabupaten, serta Tim Kampanye Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Tingkat kabupaten,” ungkap Mahmud.

Sementara itu, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Lumajang, Rudy Hartono menuturkan tujuan dari penerimaan LPSDK ialah untuk mengetahui seberapa besar sumbangan dana kampanye yang diterima oleh peserta pemilu.

“Kemudian apabila peserta pemilu tidak menyerahkan LPSDK, sebenarnya tidak ada sanksinya. Tetapi harus diingat! bahwa LPSDK bagian dari LPPDK (Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye). Yang mana jika peserta pemilu tidak menyerahkan LPPDK akan ada sanksinya,” tegas Insan saat menerima sejumlah perwakilan Parpol

 

Berikutnya setelah menerima LPSDK dari peserta pemilu, tugas KPU Kabupaten Lumajang akan mengumumkan kepada publik LPSDK peserta pemilu tahun 2019 ini. Sebagai upaya agar masyarakat ikut mengetahui sejauh mana Partai Politik mengelola dana dalam masa Kampanye pada Pemilu 2019 ini. Pada penerimaan LPSDK ini ikut mengawasi pula Anggota Bawaslu Kabupaten Lumajang, Ahmad Mujaddid MR beserta staf Sekretariatnya. (res)