Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Setelah selesainya masa tanggapan masyarakat terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernu dan Wakil Gubernu Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018, hari ini (selasa, 10/4) batas akhir Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di tingkat desa. Untuk itu seluruh PPS se-Kabupaten Lumajang akan melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP hasil dari tanggapan masyarakat selama pengumuman DPS minggu lalu.

Syamsul Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Lumajang menjelaskan dari hasil tanggapan masyarakat selama 10 hari pengumuman DPS banyak tanggapan masyarakat yang masuk ke PPS karena belum terdaftar dalam DPS. Sehingga kemungkinan besar ada peningkatan jumlah pemilih dari DPS menjadi DPT. “Kita tunggu kepastian hasil penetapan DPSHP dari desa diserahkan ke PPK kemudian ditetapkan oleh KPU menjadi DPT” jelasnya.

Yang jelas Syamsul memastikan bahwa ada beberapa indikator perubahan DPS menjadi DPT selain karena meninggal dunia dan juga adanya pemilih yang belum terdaftar pada waktu coklit. Sehingga PPS harus segera menindaklanjuti setiap tanggapan masyarakat yang masuk. “perubahan itu bisa disebabkan karena meninggal dunia atau pemilih yang belum terdaftar itu harus diindaklanjuti oleh PPS” terangnya.

Sesuai tahapan pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilihan setentak 2018 ini, mulai tanggal 8-10 April pleno penetapan rekapitulasi DPSHP tingkat desa/kelurahan dan diserahkan kepada PPK. Kemudian 11-12 April rekapitulasi DPSHP tingkat kecamatan dan diserahkan kepada KPU. Setelah itu pada tanggal 13-19 April rekapitulasi DPSHP ditngkat Kabupaten untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap. Hasil penetapan DPT kemudian disampaikan kepada PPS muai tanggal 20-29 April dan segera diumumkan sejak 29 April hingga 27 Juni 2018.