Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lumajang menyarankan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang melakukan perawatan data pemilih.

Hal itu disampaikan anggota Bawaslu Kabupaten Lumajang Ahmad Mujaddid MR ketika menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tingkat Kabupaten pada Senin (18/2), di Resto Galaxy Klapan Lumajang.

Di hadapan 150 orang yang terdiri dari Ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Tim Kampanye Capres dan Cawapres, LO Calin DPD, dan Pelaksana Kampanye Partai Politik itu, Jadid menyinggung permasalahan data pemilih DPTb yang sempat dibahas sebelumnya.

“Sebenarnya kami di pengawas ada inisiasi, KPU punya undang-undang terkait data pemilih. Jadi punya istilah perawatan data pemilih,” kata Jadid.

“Jadi nanti KPU bisa sandingkan dan mencocokkan data pemilih dengan data milik Dispenduk. Setiap tahun, Dispenduk kan gencar melakukan perekaman data. Harapan kami, data lengkap itu bisa diberikan kepada KPU dan Bawaslu. Sehingga nanti bisa disandingkan,” lanjutnya.

Selain itu, Jadid juga berharap agar seluruh pihak penyelenggara Pemilu untuk menggali semaksimal mungkin potensi orang-orang yang belum terdaftar dalam DPT. (hes)