Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Memasuki hari ketiga pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilihan Umum 2019 KPU Kabupaten Lumajang telah menerima 17 pendaftar untuk menjadi Relawan Demokrasi. Menurut Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah, sejak dibukanya pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi) hari jum’at (10/11) kemarin jumah pendaftar terus bertambah. Meski masih terhitung belasan pendaftar, namun bisa dipastikan hingga batas terkahir pendaftar akan terus bertambah. Hal ini tak lepas dari sosialisasi yang dilakukan KPU Lumajang melalui media sosial secara masif dengan menggerakkan seluruh penyelenggara Pemilu PPK dan PPS se-Kabupaten Lumajang untuk terus mensosialisasikan di wilayah kerjanya masing-masing.

“Kami masih optimis hingga akhir pendaftaran senin (14/11) pendaftar Relasi akan terus bertambah. Biasanya pendaftar akan berbondong-bondong mendaftar di hari terkahir” ujarnya. Keoptimisan KPU Lumajang bukan tanpa alasan. Pasalnya, kata Mudawiyah masih banyak warga Lumajang yang masih melengkapi persyaratan administrasi seperti yang diwajibkan dalam ketentuan KPU. “Awal dibuka pendaftaran biasanya pendaftar masih melengkapi persyaratan seperti surat keterangan terdaftar sebagai pemilih di PPS ini harus datang sendiri ke kantor PPS” katanya, sabtu (12/1) saat mengecek pendaftar yang masuk ke meja panitia.

Bahkan KPU Lumajang sendiri telah banyak menerima warga yang konsultasi maupun mencari informasi tentang Relasi ini sejak waktu pendaftar dibuka. Hampir setiap hari warga yang datang bertanya seputar Relasi hingga lima orang lebih. Dari asumsi itu kami optimis pendaftar akan melebihi dari kebutuhan maksimal yang dibutuhkan untuk menjadi Relasi Pemilu 2019. Untuk itu pihaknya menghimbau bagi warga yang belum mendaftar karena belum tahu informasinya silahkan bisa didownload di www.kpud-lumajangkab.go.id. “Mumpung waktunya masih lama bagi warga yang akan berpartisipasi menjai Relasi silahkan buka laman KPU Lumajang atau datang langsung ke kantor, kami siap melayani”ungkap Mudawiyah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, KPU Kabupaten Lumajang membukan pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilu 2019 mulai tanggal 10-14 Januari 2019, dan yang akan lolos seleksi administrasi akan diikutkan dalam seleksi wawancara pada tanggal 16-17 Januari 2019. Hanya 55 orang yang akan ditetapkan menjadi Relawan Demokrasi setelah dinyatakan lolos wawancara, untuk mewakili 11 basis pemilih dan nantinya setelah mendapatkan pembekalan dari KPU akan ditugaskan memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih sesuai basis pemilih yang diambil, selama 3 bulan kedepan sebelum hari pemungutan suara Pemilu serentak 17 April 2019. (res)