Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Menjelang Pemilu 2019 yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten terus melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) khususnya pada staf dan tenaga pendukung di likungan KPU Kabupaten Lumajang pada hari Senin (4/2). Bimtek yang digelar di Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung” ini diikuti seluruh Tenaga Pedukung KPU pada tahapan Pemilu 2019.

Kegiatan ini bertujuan agar seluruh tenaga pendukung KPU Lumajang memahami bagaimana cara pindah pilih Pemilu dan surat suara yang diterima saat hari pemungutan suara 17 April 2019. KPU Lumajang berharap agar seluruh keluarga besar KPU dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Syamsul selaku Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Perencanaan, Data dan Informasi berharap warga yang masih belum terdaftar sebagai DPT di daerah domisilinya segera melapor kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU sebelum tanggal 16 Februari.

Jika melebihi tanggal tersebut, pemilih tidak bisa terdaftar dan hanya bisa memilih jika surat suara masih tersedia di tempat pemungutan suara (TPS). Apabila surat suara habis, maka pemilih yang masuk dalam DPTb itu tak bisa menggunakan hak suaranya.

“Seluruh keluarga besar KPU diupayakan untuk mengerti dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait DPK dan DPTb,” terang Syamsul. (hes)