Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang hari ini (Jum’at, 14/12) menggelar Bimbingan Teknis Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (BIMTEK LPSDK) Pemilu 2019 di Resto Galaxy Klapan Lumajang. Kegiatan ini ditujukan untuk mempersiapkan bagi Peserta Pemilu tata cara memasukkan sumbangan dana kampanye kedalam aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye (SIDAKAM) selama masa kampanye mulai tanggal 23 September 2018 hingga batas akhir tanggal 2 Januari 2019. Hal tersebut diingatkan kembali oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Siti Mudawiyah saat membuka acara bimtek yang dihadiri 16 operator SIDAKAM dan Penghubung Partai Politik peserta Pemilu 2019. Secara teknis materi  akan disampaikan materinya dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur, Setia Budi Kurniawan.

Menurut Mudawiyah, ketentuan LPSDK ini sudah diatur dalam PKPU 24 Tahun 2018 Tentang Laporan Dana Kampanye. Dimana proses ini dilakukan satu hari setelah tahapan Laporan Awal Dana Kampanye. “LPSDK dilaporkan paling lambat tanggal 2 Januari 2019. Ini masa urgen ini Bawaslu akan memantau pembukuan LPSDK bagi peserta pemilu” ujarnya.

Dalam konteks pedoman penyusunan LPSDK ini nanti akan disampaikan oleh seorang akuntan dari IAI Jatim. Rambu-rambunya mengacu pada PKPU 24 Tahun 2018 Tentang Dana Kampanye Pemilu 2019. “Mohon kepada operator Sistem Informasi Dana Kampanye Untuk mengikuti secara seksama agar bisa mengetahui secara detail terkait pelaporan yang akan dimasukkan dalam aplikasi SIDAKAM” tutur Mudawiyah.

Diakhir sambutannya Siti Mudawiyah mengingatkan kembali bahwa partai politik mempunyai kewajiban melaporkan LPSDK karena nantinya akan dilaporkan di masa penyerahan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye mulai tanggal 2 Januari sampai dengan 25 April 2019. (res)