Sidoarjo, kpud-lumajangkab.go.id – KPU Kabupaten Lumajang menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Pencalonan Pemilihan 2020 yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur, Senin (16/12).

Bimtek yang digelar di Hotel Fave Sidoarjo ini dijadwalkan selama 2 hari hingga Selasa (17/12).

Acara dihadiri oleh anggota divisi teknis, divisi hukum, dan kasubag tekmas KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Sekretaris KPU Provinsi Jatim, Ekawima Ebertha menyatakan bahwa KPU Provinsi Jawa Timur memang sengaja mengundang seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Jatim meskipun hanya 19 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Bimtek adalah sarana untuk memberikan ilmu, jadi tidak ada salahnya kalau semua KPU Kabupaten/Kota memahami tata cara dan proses pencalonan dalam Pemilihan 2020,” ujar Wima.

Bimtek dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam.

Choirul Anam menyampaikan keinginannya agar dalam setiap kegiatan, bimtek, raker, atau rakor dapat dilaksanakan tepat waktu.

“Di bimtek kali ini, kami mengundang divisi teknis dan divisi hukum, karena dalam hal pencalonan perseorangan, divisi hukumlah leading sektornya,” kata Anam dalam sambutannya.

Anam juga berharap agar semua peserta mengikuti dengan hikmat semua materi-materi yang disampaikan dalam bimtek.

“Agar tahapan pencalonan nanti dapat berjalan dengan lancar serta memahami langkah-langkah yang harus dilakukan jika menemui kasus hukum dalam proses pencalonan,” tambahnya. (hes)