Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Jelang satu hari berakhirnya masa pengumuman DPS, seluruh jajaran penyelenggara Pilkada serentak 2018 Lumajang Jawa Timur terus melakukan sosialisasi “Cermati DPS mu” melalui berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi keliling kepelosok desa yang menjadi wilayah kerjanya. PPK se-kabupaten Lumajang ini  terus mengintensifkan sosialisasinya agar masyarakat segera melakukan pengecekan namanya dalam DPS, karena sisa waktu dua hari ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menanggapi DPS yang telah diumumkan KPU.

Syamsul Anggota KPU Lumajang Divisi Perencanaan dan Data melihat kinerja PPK dalam mensosialisasikan DPS cukup intensif dan patut diapresiasi. Hal ini sebagai salah satu upaya KPU agar pengumuman DPS bisa diberikan masukan jika masih ada warga yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Sementara pada Pemilihan Serentak 2018 ini. “Seluruh penyelenggara pilkada bergerak bersama sosialisasikan Cermati DPS mu kepelosok desa. Ini kerja yang luar biasa sebagai bentuk jemput bola agar seluruh masyarakat mengetahui tahapan ini” ujarnya, Senin (1/4).

Dia menilai langkah PPK ini sangatlah strategis karena sebagai bentuk tanggung jawab KPU dari hasil coklit yang telah dilakukan sebulan yang lalu. “Masyarakat punya hak untuk menanggapi pengumuman DPS, dan penyelenggara punya kewajiban menindaklanjuti jika masih ada masyarakat yang belum terdaftar” himbau Syamsul.

Syamsul berharap di hari terakhir pengumuman DPS besok (Selasa, 2/4) seluruh tanggapan sudah masuk semua dan bisa segera diproses oleh PPS saat memasuki tahapan tanggapan mulai 3-7 April 2018. “Meski masa tanggapan tinggal 2 hari lagi tapi PPS harus segera bisa memproses jika banyak tanggapan masyarakat yang masuk ke kita” pungkasnya.

Sosialisasi Cermati DPS mu ini akan berakhir pada tanggal 2 April, setelah itu mulai tanggal 3-7 April akan memasuki masa tanggapan masyarakat.