Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Pendistribusian kebutuhan logistik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang selesai dilakukan ke 21 PPK se-Kabupaten Lumajang. Pendistribusian ini menggunakan 10 armada truk yang terbagi sesuai kecamatan terdekat hingga terjauh. Untuk mengantisipasi keamanan pendistribusian, PPK bersama Polsek setempat ikut mengawal mulai dari gudang KPU hingga ke kecamatan masing-masing. Pelepasan pendistribusian logistik yang dilakukan oleh Anggota KPU Lumajang Yusuf Adi Pamungkas, minggu (24/6) ini dimulai dari kecamatan Tempeh dan Randuagung masing-masing menggunakan dua truk.

Dalam kesempatan tersebut Yusuf Adi Pamungkas menjelaskan bahwa pendistribusian ini harus dirampungkan hari ini. Agar PPK bisa mengecek kebutuhan logistik untuk masing-masing TPS beserta kelengkapan logistik untuk Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di tingkat kecamatannya. “Hari sudah terjadwal hingga pukul 19.00 sudah harus selesai distribusi. Biar ada waktu pengecekan jika ada kekurangan logistiknya” ujarnya.

Kepastian selesainya pendistribusian logistik ini kata Yusuf sudah dihitung sesuai jarak dari Kabupaten hingga ke masing-masing kecamatan. Bahkan KPU Lumajang juga melibatkan salah seorang anggota PPK hadir untuk memastikan kesiapan pendistribusian beserta pengamanannya ke lokasi kecamatan. “Sebelum pemberangkatan logistik PPK harus sudah hadir di gudang memastikan logistiknya dan keamanannya bersama Polsek masing-masing” katanya.

Sesuai kebutuhan dan jadwal pendistribusian logistik yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Lumajang, yakni untuk kebutuhan kotak suara bervaraitif tegantung jumlah TPS yang berada di wilayah kecamatannya masing-masing. Kebutuhan kotak suara untuk 1.872 TPS sebanyak 3.872 kotak suara. Pendistribusian ini selanjutnya oleh PPK ke PPS mulai tanggal 25-26 Juni dan 27 Juni pukul 06.00 sudah didistribusikan ke masing-masing TPS.