Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018 berlangsung lancar dan damai. Dari 5 segmen yang telah diagendakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang dilaksanakan tanpa terlewatkan. Semua Paslon yang mengikuti debat tahap pertama yang digelar di Gedung Soejono di Jalan Alun-alun selatan Lumajang terlihat antusias menyampaikan visi, misi dan program kerja yang ditawarkan kepada masyarakat Lumajang. Hal ini senada dengan yang diharapkan Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah dalam sambutanya pada pembukaan debat, senin (2/4).

Dia menyampaikan bahwa debat publik merupakan bagian dari tahapan kampanye yang difasillitasi KPU. Sehingga ketiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menajamkan kembali visi, misi dan program kerja yang selama masa kampanye sebelumnya sudah ditawarkan kepada masyarakat. “Debat ini merupakan kampanye yang difasilitasi KPU sesuai PKPU 4 tahun 2017 tentang kampanye pasal  20. Jadi ketiga Paslon harus bisa memanfaatkan kesempatan baik ini untuk lebih pertajam lagi visi, misi dan program kerjanya untuk diketahui masyarakat Lumajang” ujarnya.

Disamping itu menurut Mudawiyah, dalam debat terbuka ini KPU juga ingin menyatukan komitmen Pilkada damai antara Pasangan CaLon Bupati dan Wakil Bupati dengan Penyelenggara Pilkada disaksikan sejumlah stakeholder dan pendukung masing-masing Paslon yang hadir dalam acara debat tahap pertama ini. “Dari visi dan misinya para paslon juga akan menunjukkan komitmennya untuk Pilkada ini bisa berjalan damai tanpa SARA atau kampanye hitam yang bisa memecah belah masyarakat Lumajang” katanya.

Untuk itu dia berpesan agar saat debat berlangsung semua bisa mematuhi aturan debat yang sudah ditetapkan KPU. Agar suasana kompetisi yang terbangun kondusif selama tahapan Pilkada ini berjalan bisa terus dipertahankan hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Lumajang periode 2018-2023. Bentuk komitemen Pilkada damai di Lumajang kemudian masing-masing Paslon diberikan kesempatan closing statement comitment dan dilanjutkan dengan foto bersama bergandengan tangan antara Paslon, KPU Lumajang dan Panwaslu Kabupaten Lumajang.