Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018 tahap pertama siap digelar malam ini, Senin (2/4) di Gedung Kesenian Soedjono Jalan Alun-alun selatan Lumajang Jawa Timur. Dari pantauan www.kpud-lumajangkab.go.id penataan panggung debat sudah dilakukan dengan tampilan yang menarik dengan kapasitas undangan sebanyak 350 undangan.

Muhamad Ridhol Mujib, Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Lumajang menjelaskan sesuai rundown acara, debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB, yang terbagi menjadi 5 segmen dan akan berakhir pukul 20.30 WIB. “Hingga siang ini persiapan panggung debat sudah 90% tinggal finishing nya saja. Sengaja kita buat panggung bagus mungkin agar debat kali bisa dinikmati oleh seluruh undangan yang hadir” katanya.

Tak hanya lay out panggung, dari 5 segmen debat publik yang sudah KPU tetapkan, ada segemen hiburan penampilan dari masing-masing Pasangan Calon untuk menambah kemeriahan acara debatn nantinya. “Penampilan talent dari Paslon kita tempilkan sebelum memasuki segmen pendalaman tema debat. Biar fresh setelah 2 segmen sebelumnya para Paslon sudah mengeluarkan energinya untuk memaparkan program kerjanya dengan ditanggapi dan dikritisi oleh Paslon lainnya” ungkap Ridho.

Ridho menghimbau kepada seluruh Paslon agar menaati waktu yang telah disediakan KPU baik sebelum acara dimulai maupun saat debat berlangsung. “Semua wajib menaati aturan debat jangan sampai ada Paslon yang datang terlambat ini kerugian bagi mereka karena acara akan kita mulai tepat waktu” pintanya.

Disamping itu untuk para pendukung Paslon yang hadir juga harus mengikuti semua aturan debat yang akan dipandu oleh moderator. “Pendukung Paslon yang hadir jangan gaduh karena ada waktu tersendiri kapan mereka menyuarakan yel-yel nya secara bergantian” tegas Ridho.

Sesuai ketentuan pada PKPU 4 tahun 2017 tentang kampanye, KPU Lumajang akan menggelar debat publik sebanyak 3 kali. Tahap pertama tanggal 2 April disiarkan langsung 2 radio swasta dan 1 radio milik Pemkab Lumajang. Untuk tahap kedua akan digelar secara ulang pada tanggal 9 April di gedung Soejono, sedangkan tahap ketiga akan disiarkan langsung dari studio JTV Surabaya pada tanggal 5 Mei pukul 19.30 WIB.