Surabaya, kpud-lumajangkab.go.id– Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 sudah memasuki tahapan krusial yakni tahapan kampanye. Salah satunya kampanye debat publik yang difasilitasi KPU Provinsi Jawa Timur, selasa (10/4) di Dyandara Convention Centre Surabaya. Debat pertama yang diikuti kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim ini berlangsung seru dengan adu ide dan gagasan dari masing-masing Paslon. Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito dalam sambutannya mengatakan bahwa debat publik ini merupakan bagian krusial dalam tahapan kampanye Pilgub Jatim. Sebab dalam debat ini kedua Paslon akan dipertemukan dalam satu panggung debat untuk menyampaikan visi dan misinya serta program kerja yang ditawarkan kepada masyarkata Jawa Timur.

Eko menjelaskan, bahwa debat publk atau debat terbuka ini dimanahkan oleh PKPU 4 Tahun 2017 untuk difasilitasi oleh KPU paling banyak 3 kali dan diutamakan disiarkan langsung dari daerah Pemilihan. Untuk itu debat pertama ini KPU Jatim bekerjasama dengan 3 Stasiun TV Nasional dan 1 Stasiun TV Lokal Jawa Timur. “KPU Jaitm akan memfasilitasi debat sebanyak 3 kali dan semuanya akan disiarkan langsung oleh TV Nasional mapun lokal Jatim. Seperti sekarang warga Jatim bisa melihat langsung di I News TV, CNN Indonesia dan Trans 7” jelasnya.

Dia mengajak dalam debat pertama ini, masyarakat Jawa Timur bisa melihat sejauh mana ide dan gagasan dari masing-masing Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk kesejahteraan rakyat. “Karena tema debat pertama ini adalah kesejahteraan rakyat maka masyarakat Jatim nanti bisa mengikuti dan menyimak sejauh mana ide dan gagasan dari kedua Paslon Pilgub Jatim” terang Divisi Hukum KPU Jatim ini.

Sesuai yang telah ditetapkan KPU Provinsi Jawa Timur Debat pertama ini akan diikuti kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Yakni Paslon nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Sulistianto Dardak dan Paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Mereka akan menyampaikan visi dan misinya untuk digali lebih dalam demi kepentingan kesejahteraan rakyat Jawa Timur.