Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang pagi tadi kedatangan tamu salah satu anggota pramuka yang berasal dari Cirebon. Adalah Peri, warga asal RT 04 RW 02 Desa Amin, Kecamatan Cikedung, Cirebon, dengan semangat besar mampu membawa dirinya tiba di Lumajang hanya berjalan kaki.

“Semangat saya adalah ingin mengenal dan memahami lebih dekat adat istiadat (kultur) yang ada di negeri ini. Selain juga instansi atau lembaga pemerintah yang menjadi tujuannya,” ungkap Peri di kantor KPU Lumajang, Jumat, (25/01/2019)

Sementara itu, salah satu Komisioner KPU Kabupaten Lumajang yang menyambut kedatangannya mengungkapkan apresiasinya terhadap anggota pramuka asal Cirebon ini yang memiliki kepedulian akan kultur bangsa ini hingga berkenan mengunjungi Lumajang.

“Kami sangat apresiatif kepada beliau. Meskipun dengan segala kekurangan fisiknya, tapi beliau sosok yg luar biasa,” kata Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Dirinya juga menambahkan bahwasannya bulan April depan semua warga negara harus memberikan hak pilihnya, tak terkecuali dengan Peri yang menderita tuna rungu.

“Kami sampaikan juga kepadanya (Peri) bahwa untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 meskipun yang bersangkutan sedang melakukan perjalanan ke berbagai wilayah Indonesia. Dan ia (Peri) sudah mengiyakan untuk menggunakan hak pilihnya di mana ia terdaftar,” tambah Ridho.

Setelah kunjungannya ke Lumajang, pria anggota pramuka tuna rungu asal Cirebon ini akan melanjutkan perjalanannya ke Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, Malang. (jav)