Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi masyarakat KPU kabupaten Lumajang, Muhamad Ridhol Mujib bersama Divisi pengawasan dan pencegahan, Amin Sobari sosialisasikan tahapan kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018, di salah satu radio swasta di Lumajang, Selasa (20/2/2018). Dalam penyampaiannya anggota KPU lumajang tersebut menyampaikan bahwa sejak 15 Pebruari hingga 23 Juni 2018 sudah memasuki masa kampanye yang masanya cukup panjang selama 129 hari.

Menurut Ridho masa kampanye tersebut KPU hanya menjadwal rapat umum yang boleh dilakukan untuk masing-masing Paslon 1 kali selama masa kampanye. Sedangkan pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog bisa dilakukan setiap hari selama masa kampanye, hanya saja rambu-rambunya dilarang berkampanye di hari libur nasional atau hari besar keagamaan.

“PKPU 4 tahun 2017 tentang kampanye hanya menjadwal rapat umum sekali saja, dan sudah disepakati paslon 1 akan kampanye pada tanggal 15 April, Paslon 2 tanggal 22 April dan Paslon 3 29 April di tempat yang sama yakni GOR wirabhakti Lumajang. Selain itu bebas tapi harus ada pemberitahuan kepada kepolisian tembusan KPU dan Panwaslu. Yang penting tidak dilaksanakan pada hari libur nasional” ujarnya.

Selain itu masa kampanye ini bisa dilakukan dengan penyebaran bahan kampanye dan pemasangan alat peraga kampanye, tapi harus sesuai dengan ketentuan PKPU. “Bisa sebar BK dan pasang APK dalam kampanye tapi harus sama dengan desain, materi dan ukuran yg difasilitasi KPU” imbuh Ridho.

Sementara itu Divisi Pencegahan dan Pengawasan Panwaslu kabupaten Lumajang mengatakan prinsipnya kampanye itu berisi penyampaian visi, misi dan program kepada masyarakat. “Semua yang menyangkut ajakan oleh Paslon kepada masyarakat itu disebut kampanye termasuk menyebar bahan kampanye dan memasang alat peraga kampanye di tempat yang ditentukan oleh PKPU” katanya. Seperti ketentuan di PKPU 4 tahun 2017 masa kampanye dilaksanakan tiga hari setelah ditetapkan sebagai Paslon dan berakhir 3 hari sebelum hari pemungut