Surabaya, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang mengikuti Rapat Koordinasi Penyusunan Penataan Daerah Pemilihan Pemilu DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupatan/ Kota se-Jawa Timur, di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur. Dalam kegiatan ini selain dihadiri Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah, selaku Divisi Teknis ikut mendampingi Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Muhamad Ridhol Mujib.  Agenda tahapan Pemilu 2019 ini  dibuka Ketua KPU Jatim Eko Sasmito yang sekaligus membuka acara ini.

Dalam sambutannya Eko Sasmito meminta kepada seluruh KPU Kabupaten/ Kota agar tetep pada sikap tegas dan mandiri dalam mengusulkan DAPIL meski saat melakukan uji publik masing-masing KPU Kabupaten/ Kota meminta masukan dari berbagi stakeholder. “Dalam tahapan uji publik DAPIL kawan-kawan harus punya sikap dan mandiri, meski melalui beberapa kajian akademis maupun geografis dilakukan dengan akademisi maupun partai politik” ujar Eko.

Eko menilai tahapan penetapan DAPIL pada Pemilu kali ini termasuk ringan karena penataannya hanya di kabupaten/kota. “Sekarang itu  lebih ringan penataannya hanya Dapil di kabupaten/ kota, sedangkan provinsi dan DPR RI ditetapkan oleh DPR” ungkapnya.

Diakhir sambutannya,  Ketua KPU Jatim berharap semua masalah  usulan penataan Dapil masing-masing kabupaten/ kota sudah selesai dan memenuhi prinsip dalam undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Ini lanjutan dari rakor sebelumnya karena besok akan diplenokan dan ditetapkan oleh KPU RI. Saya harap tidak ada lagi masalah dalam Dapil penuhi prinsip penataan Dapil dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku” pungkasnya.Rakor ini diikuti oleh Ketua dan Divisi Teknis 38 KPU Kabupaten/ Kota se- Jawa Timur yang langsung dipimpin oleh Divisi Teknis KPU Jatim Muhammad Arbayanto.