Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018 sudah diumumkan oleh seluruh Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Lumajang, mulai hari ini Sabtu (24/3). Pengumuman ini dilakukan untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat yang belum terdaftar dalam DPS kali ini. Seperti disampaikan Syamsul Divisi Perencanaan dan Data KPU Lumajang, saat melakukan pemantauan di sejumlah desa di Kecamatan Randuagung.

Menurutnya pengumuman DPS ini serentak dilakukan seluruh PPS agar segera diketahui oleh masyarakat luas baik yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar. Untuk itu dihimbau kepada seluruh PPS agar menginformasikan kepada warganya untuk bisa melihat DPS yang sudah ditempel di kantor balai desa atau kelurahan. “Kita instruksikan pengumuman dilakukan serentak hari, selain memenuhi tahapan kita berharap hari ini masyarakat sudah mengetahui namanya sudah terdaftar apa belum dalam DPS. Segera sampaikan ke masyarakat agar bisa dilihat dan PPS bisa menerima tanggapan bagi masyarakat yang belum terdaftar, waktunya hanya 5 hari soalnya” ujar Syamsul.

Selain PPS yang mengumumkan ke masyarakat, PPK juga harus memastikan penempelan DPS sudah ditempel di tempat yang mudah diakses masyarakat. “Jangan ada sampai keluhan dari masyarakat, mereka kesulitan mengakses pengumuman DPS apalagi sampai tidak mengetahui kalau DPS sudah mulai diumumkan di desa” tegasnya.

Sesuai tahapan bahwa pengumuman DPS dilakukan mulai tanggal 24 Maret hingga 2 April 2018, dengan masa perbaikan selama 5 hari terhitung sejak 3-7 April 2018. Sementara untuk DPS pada Pemilihan Serentak kali ini berjumlah 820.664 Pemilih dengan rincian jumlah Pemilih laki-laki 400.323 dan jumlah pemilih perempuan berjumlah 420.341.