Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Daftar Pemilih Sementara pada Pemilihan serentak 2018 Kabupaten Lumajang didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Lumajang. Hal ini disampaikan Anggota KPU Lumajang Divisi Perencanaan dan Data, Syamsul saat saat berkoordinasi dengan PPK yang akan mengambil  DPS yang sudah ditetapkan KPU Lumajang, di Rumah Pintar Pemilu Kirana Agung, Jum’at (23/3).

Dia menjelaskan DPS ini harus segera ditempel di lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Sebab prinsipnya DPS ini harus diketahui oleh masyarakat umum agar bisa mengecek namanya apa sudah masuk atau belum dalam Daftar Pemilih Sementara tersebut. “Setelah ini segera DPS ditempel di kantor desa atau kelurahan masing-masing agar masyarakat bisa melihat namanya khawatir ada warga setempat yang belum masuk dalam daftar pemilih” jelas Syamsul.

Syamsul berpesan penempelan DPS ini jangan sampai ditunda karena waktunya hanya seminggu agar masyarakat bisa memberikan tanggapan sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap. “Waktu pengumuman DPS ini cukup singkat yakni mulai tanggal 24 Maret hingga 2 April jadi PPK harus segera menginstruksikan ke PPS nya untuk segera menempel biar masyarakat tahu dan bisa memberikan tanggapan untuk perbaikan sebelum DPT” terangnya.

Sesuai tahapan Pilkada 2018 ini setelah DPS  diumumkan ada waktu selama 5 hari KPU melakukan perbaikan DPS yakni mulai tanggal 3-7 April 2018. Seperti yang sudah ditetapkan KPU Lumajang, Daftar Pemilih Sementara untuk Pemilihan serentak 2018 sebanyak 820.664 dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 400.323 dan jumlah pemilih perempuan 420.341.