Jakarta, kpud-lumajangkab.go.id – Dengan dukungan KPU RI, Netgrit (Network for Democracy and Electoral Integriti) yang merupakan organisasi yang didedikasikan untuk melembagakan demokrasi dan mendorong pelembagaan pemilu yang jurdil dan berintegritas (fair and free election with integriti) menyelenggarakan Webinar Internasional, Kamis (18/03/2021).

Kegiatan yang berlangsung secara virtual tersebut dimoderatori oleh Peneliti Senior Netgrit, Hadar N. Gumay, serta diikuti oleh Ahmad Doli Kurnia Tanjung Ketua Komisi II DPR RI yang berkesempatan untuk memberikan sambutan utama dan pembuka, Plt Ketua KPU RI Ilham Saputra sebagai sambutan dua, dan Carlos Navaro Direktur Studi dan Proyek Internasional, National Elecktoral Institute (INE) Mexico, Luie Tito F. Guia Mantan Komisioner Comission on Eelection (COMELEC) Philippines, Stave Chanham Ahli Pendaftaran Pemilih International Foundation for Election Systems (IFES), dan Viryan Azis sebagai narasumber, serta Ferry K. Rizkiyansyah Direktur Eksekutif Netgrit sebagai penutup.

Tidak tanggung-tanggung, KPU RI dalam mendukung kegiatan tersebut menghadirkan seluruh KPU se-Indonesia khususnya yang menangani bagian progam dan data sebagai auiden.

Dalam kegiatan yang disiarkan langsung melalui YouTube KPU RI ini, Ilham Saputra menyampaikan dukungannya pada kegiatan dengan skala internasional ini.

“Hari ini merupakan hari yang baik bagi kita semuanya, KPU sebagai penyelengara pemilu mensuport apa yang dilakukan oleh Netgrit selaku NGO yang konsen dengan persoalan kepemiluan, kami tentu saja mendukung, dan kami minta KPU Provinsi untuk ikut dalam acara ini, khususnya yang menangani progam dan data,” ujarnya.

Selanjutnya, Ilham juga menyampaikan jika kegiatan yang konsen membahas voter list ini juga penting untuk disimak mengingat voter list yang ada di Indonesia juga akan berbeda dengan di liar negeri dan persoalan ini selalu menjadi kambing hitam dalam penyelenggaraan pemilu.

(rsk/shd/red).