Lumajang,Kpud-lumajangkab.go.id- Jelang akhir masa pencocokan dan  penelitian pemutakhiran daftar pemilih, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukodono menggelar evaluasi coklit yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) selama hampir satu bulan ini. Acara yang digelar di Kantor kecamatan Sukodono ini dipimpin langsung ketua PPK sukodono Ahmad Ubaidillah didampingi seluruh anggota PPK dan sekretariat PPK sukodono.

Dalam kesempatan tersebut Ubaidillah menyampaikan tujuan diselenggarakan acara ini sebagai bagian dari validasi data coklit dan evaluasi kegiatan coklit. Selain itu untuk mengetahui kinerja PPDP selama hampir sebulan ini, agar setiap kendala bisa dicarikan solusinya. “Kita ingin mengetahui laporan pemutakhiran pemilih dari masing-masing desa, kalau memang ada problem mari kita diskusikan untuk mencari solusinya, selain untuk mengetahui validitas hasil coklit PPDP” ujarnya.

Prinsipnya semua pencoklitan harus selesai sesuai tahapan, sebab tahapan berikutnya berlanjut pada tahapan rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil pencoklitan. “18 Pebruari deadline coklit harus rampung dan rencana 16 Pebruari kita rekap bersama dulu di PPK. Selanjutnya menunggu rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) secara berjenjang dari tingkat PPS, PPK hingga tingkat KPU” jelas Ubay.

Evaluasi  ini dihadiri 30 orang anggota PPS, 10 Kesetariatan PPS, 5 orang anggota PPK dan 3 Keseketariatan PPK. Dengan Menghasilkan tiga poin kesepakatan 1. Menyelesaikan tahapan pendataan sebelum dead line 2. Pemecahan kasus coklit dilapangan dan 3 sampai dengan 16 Februari 2017 rekap data bersama di sekretariat PPK