Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Dialog interaktif bersama KPU Kabupaten Lumajang yang digagas oleh Radio Suara Lumajang pada Rabu (13/02) pagi tadi berjalan menarik. Mengupas lebih dalam pentingnya mengenal dan memahami pemilu 2019 menjadi topik pembahasan yang dipaparkan oleh Komisioner KPU Lumajang lewat acara bincang hangat interaktif.

Turut hadir dalam undangan dialog interaktif 3 Komisioner KPU Lumajang, diantaranya Ketua Divisi Sosialisasi Muhamad Ridhol Mujib, Ketua Divisi Hukum Rudi Hartono, dan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Syamsul.

Sesaat usai salam sapa diberikan oleh 3 pimpinan komisioner kepada masyarakat Lumajang melalui forum dialog interaktif Radio Suara Lumajang yang mengupas lebih dalam tentang pemilu, sejumlah pertanyaan pun muncul silih berganti. Seputar topik pemilu rupanya mendapat atensi serius dari masyarakat Lumajang.

Pembahasan tahapan-tahapan pemilu yang bertopik sosialisasi pendidikan pemilih seperti jenis-jenis dalam pemilu, warna kertas surat suara dan tata cara melakukan pencoblosan yang sah menjadi bahan awal yang disampaikan oleh bidang divisi sosialisasi.

“Dialog interaktif ini merupakan langkah KPU Lumajang dalam mensosialisasikan tahapan-tahapan dalam pemilu kepada seluruh lapisan masyarakat Lumajang. Oleh karenanya barangkali masih ada masyarakat Lumajang yang belum mengetahui dan mendapatkan informasi tentang jenis-jenis pemilu, warna surat suara pemilu, dan tentang bagaimana tata cara melakukan pencoblosan yang sah saat berada di TPS,” kata Muhamad Ridhol Mujib Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Lumajang saat melakukan dialog interaktif dengan warga Lumajang bersama Radio Suara Lumajang pada Rabu (13/02) pagi.

Lebih lanjut selaku divisi sosialisasi dirinya menekankan, konsep dialog interaktif kali ini diharapkan mampu menjembatani proses pemberian informasi tentang pemilu kepada masyarakat karena terbatasnya waktu. Sebelumnya pemberian sosialisasi sudah seringkali disampaikan oleh para relawan demokrasi dan PPK. Di mana posisi keduanya merupakan kepanjangan tangan KPU untuk suksesi pemilu 17 April 2019. “Dialog ini merupakan follow up dalam pemberian informasi pemilu kepada seluruh warga Lumajang,” pungkasnya yang kala memberikan jawaban atas pertanyaan konstituen saat dialog interaktif. (jav)