Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih kepada Perwakilan Mahasiswa dari seluruh Kampus yang ada di Kabupaten Lumajang, Kamis (04/02/2021).

Terdapat sembilan kampus yang hadir dalam kegiatan tersebut, yakni STIE Widya Gama, STKIP PGRI, STKIP Muhammadiyah, STIH Jendral Sudirman, IAI Syarifuddin, STIS Miftahul Ulum, UNEJ Kampus Lumajang, Universitas Lumajang,  dan Akedemi Komunitas Negeri.

Hadir dalam pembukaan kegiatan Ketua, Komisioner Divisi Hukum, dan Sekretaris, serta Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Lumajang.

Dalam kesempatan tersebut, Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Yusuf Adi Pamungkas menyampaikan sosialisasinya.

Dalam sosialisasi tersebut, Yusuf menyampaikan beberapa tahapan pemilihan, dan pentingnya proses demokrasi yang baik, serta kesiapan KPU Kabupaten Lumajang dalam mendampingi mahasiswa untuk menjalankan proses demokrasi yang ada di dalam kampus.

“Kami siap untuk melakukan pendampingan kepada adik-adik semua yang masih kuliah untuk belajar menjalankan proses demokrasi dalam kampus, seperti halnya pembentukan serta bagaimana cara menjalankan komisi pemilihan yang ada di lingkup kampus,” ujarnya.

“Pemilihan Presiden Mahasiswa atau Ketua BEM dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) harus dijalankan dengan berkualitas dan merujuk pada norma-norma yang ada,” lanjutnya.

Selanjutnya, ia juga menegaskan pentingnya bagaimana mempelajari dinamika dalam melakukan pesta demokrasi di kampus.

“Ini menjadi penting, karena dari pengalaman tersebut kita dapat menghadapi dinamika penengakan demokrasi yang ada di masyarakat, dalam hal ini pemilu di Indonesia,” tegasnya.

“Kita secara bersama-sama harus mampu menciptakan proses demokrasi yang berkualitas,” imbuhnya.