Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang menggelar Rapat Koordinasi Jadwal Rapat Umum Pemilu 2019 pada Kamis (21/3) di Rumah Makan Istana Kuliner Lumajang.

Rapat tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi jadwal kampanye (rapat umum) Pemilu 2019.

Dalam rapat tersebut, KPU Kabupaten Lumajang mengundang Tim Kampanye Paslon Capres dan Cawapres tingkat Kabupaten, Partai Politik peserta Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Lumajang, stakeholder terkait seperti Polres Lumajang, Kodim 0821, Dishub, Satpol PP dan Kesbangpol.

Koordinasi yang dipimpin oleh M. Ridhol Mujib komisioner KPU Lumajang divisi Sosdiklih Parmas dan SDM ini menghasilkan bahwa jadwal rapat umum mengikuti jadwal yang sudah diputuskan KPU RI melalui SK nomor 672 perubahan 595 tentang penetapan jadwal kampanye RU pemilu tahun 2019.

SK tersebut mengatakan bahwa paslon 01 maupun 02 melakukan kampanye RU selama 2 hari dimulai tanggal 24-25 Maret dan berakhir pada tanggal 12-13 April 2019.

“Hari pertama (24-25 Maret) jadwalnya paslon 01 beserta partai pengusul dan pendukungnya. Sedangkan paslon 02 beserta partai pengusul dan pendukungnya dijadwalkan pada tanggal 26-27 Maret di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang dengan interval waktu dua hari bagi masing-masing peserta pemilu,” jelas Ridho, panggilan akrabnya

Ridho menambahkan bahwa pada tanggal 3 April 2019 yang bertepatan dengan hari Isra’ Mi’raj, kampanye RU dapat ditiadakan.

Sementara itu, kampanye parpol yang tidak mendukung paslon capres dan cawapres akan dijadwalkan tersendiri dimulai tanggal 26-27 Maret dengan interval waktu sama selama dua hari untuk setiap kampanye Rapat Umum.

Kesepakatan kedua yakni lokasi Rapat Umum akan difasilitasi oleh KPU Kabupaten Lumajang berkoordinasi dengan pemerintah daerah, menyediakan minimal 1 lapangan terbuka di 21 kecamatan se-Kabupaten Lumajang. Lokasi tersebut akan dimasukkan dalam klausul Surat Keputusan KPU Lumajang tentang jadwal rapat umum dan akan diserahkan kepada peserta pemilu, Bawaslu dan kepolisian, serta stakeholder yang lain.

“(Jadwal) paling lambat diinformasikan satu hari sebelum masa kampanye Rapat Umum, yakni 23 Maret dan menjadi landasan hukum bagi peserta pemilu untuk Rapat Umum di wilayah Kabupaten Lumajang. Pelaksanaannya peserta Pemilu berkewajiban memberitahukan pelaksanaan Rapat Umum kepada kepolisian tembusan kepada KPU Kabupaten dan Bawaslu Kabupaten,” pungkasnya. (hes)