Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Akhir pekan merupakan waktu yang paling pas untuk berkumpul bersama teman maupun keluarga. Hal tersebut dimanfaatkan oleh rekan Relawan Demokrasi.

Pada Sabtu (23/2) malam, Relawan Demokrasi melakukan sosialisasi kepada kelompok pemuda di Lumajang.

Relawan Demokrasi Basis Netizen berkunjung ke Komunitas Gamers di Lumajang. Bertempat di Kang Coffee, jalan Raya Sarikemuning, mereka melakukan sosialisasi kepada 35 anggota Komunitas Gamers.

Seperti sosialisasi-sosialisasi sebelumnya, Relawan Demokrasi menjelaskan materi Pemilu yang meliputi waktu pelaksanaan Pemilu, jenis surat suara, cara mengecek terdaftar pada DPT di aplikasi dan web KPU RI, cara pindah pilih, tata cara memilih, serta sah tidaknya surat suara. Relawan Demokrasi juga mengajarkan tata cara melipat surat suara yang baik dan benar.

“Untuk menarik perhatian, sejumlah doorprize telah disiapkan Relawan Demokrasi untuk membangkitkan antusiasme mereka.” Kata Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Di akhir sosialisasi, Relawan Demokrasi juga mengajak pemuda gamers itu untuk tidak golput dan menolak uang politik.

Seorang peserta bernama Firman mengucapkan terima kasih atas sosialisasi yang dilakukan Relawan Demokrasi ini.

“Saya warga Probolinggo tapi menetap di Sarikemuning. Dengan adanya sosialisasi ini, akhirnya saya tau bagaimana cara pindah memilih. Saya kira saya tidak boleh ikut memilih pada 17 April nanti,” ujarnya.

Sementara itu, di waktu yang bersamaan, Relawan Demokrasi Basis Pemilih Muda juga melakukan sosialisasi Pemilu kepada kelompok pemuda di Desa Labruk.

Relawan Demokrasi Pemilih Pemuda mwndapat respon sangat baik dari oara pemuda Labruk.

Adapun materi yang disosialisasikan antara lain waktu pemilihan, calon peserta pemilu, syarat menjadi pemilih, dapil daerah, syarat dan tata cara pindah milih, dan warna surat suara.

Peserta sosialisasi yang berjumlah 23 orang itu tampak menyimak baik materi yang disampaikan Relawan Demokrasi.

Sikap positif mereka membuat Relawan Demokrasi semakin semangat memberikan pemahaman dan mengajak pemuda-pemuda itu untuk aktif berpartisipasi menyalurkan hak suaranya. Relawan Demokrasi juga mengimbau para pemuda untuk mewujudkan pemilu damai, anti golput, dan tolak money politik.

Salah satu peserta bernama Elsa mengaku sangat terbantu dengan kehadiran para Relawan Demokrasi ini.

“Sosialisasi yang dilakukan oleh Relawan sangat membantu untuk pengetahuan yang masih belom saya pahami,” ujar Elsa.

Tanggapan positif dari masyarakat inilah yang membuat para Relawan Demokrasi semakin semangat untuk menyuarakan sosialisasi Pemilu ke seluruh lapisan masyarakat Lumajang. (hes)