Presiden United Auto Workers Shawn Fain menyapa para pekerja otomotif UAW, di Pabrik Perakitan Stellantis Sterling Heights, untuk menandai dimulainya negosiasi kontrak di Sterling Heights, Michigan, 12 Juli 2023. REUTERS/Rebecca Cook Memperoleh Hak Lisensi
14 September (Reuters) – General Motors (GM.N) mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya menaikkan tawaran kontraknya menjadi kenaikan gaji sebesar 20% untuk pekerja otomotif AS – termasuk 10% pada tahun pertama – dalam upaya untuk menghindari pemogokan yang akan dimulai. pada 23:59 jika tidak ada kesepakatan yang tercapai.
Tindakan yang ditargetkan terhadap pabrik mobil tertentu akan menjadi serangan serentak pertama yang dilakukan United Auto Workers terhadap produsen mobil Detroit Three. Ford Motor (FN) juga mengonfirmasi sebelumnya telah menawarkan kenaikan 20% dan keuntungan lainnya.
“Kami bekerja dengan urgensi dan telah mengajukan tawaran lain yang semakin kuat dengan tujuan mencapai kesepakatan malam ini,” CEO GM Mary Barra mengatakan kepada karyawannya mengenai proposal perjanjian kerja 4 1/2 tahun. “Ingat: kami melakukan pemogokan pada tahun 2019 dan tidak ada yang menang.”
GM melaporkan kerugian sebelum pajak sebesar $3,6 miliar pada tahun 2019 setelah pemogokan selama 42 hari.
Pemogokan yang terkoordinasi bisa dibilang merupakan aksi buruh AS yang paling ambisius dalam beberapa dekade dan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi AS, tergantung pada berapa lama aksi tersebut berlangsung. Seorang eksekutif Ford mengatakan kepada wartawan kemungkinan terjadinya pemogokan sangat tinggi setelah mereka tidak menerima usulan tandingan terhadap tawaran mereka pada hari Selasa.
Tuntutan serikat pekerja tersebut mencakup pengembalian dana pensiun manfaat pasti untuk semua pekerja, jam kerja 32 jam seminggu dan kenaikan biaya hidup tambahan, serta jaminan keamanan kerja dan diakhirinya penggunaan pekerja sementara.
Presiden UAW Shawn Fain mengatakan para pembuat mobil telah menolak usulan pensiun, kerja 32 jam seminggu dan perbaikan tunjangan lainnya. Dia juga mengkritik usulan perubahan bagi hasil yang akan memotong pembayaran kepada pekerja.
Produsen mobil mengatakan tuntutan UAW tidak terjangkau dan tidak realistis.
Ford mengatakan kepada wartawan jika tuntutan UAW benar-benar berlaku, pihaknya akan kehilangan $14,4 miliar selama empat tahun terakhir, dibandingkan keuntungan yang tercatat sebesar hampir $30 miliar.
UAW telah menguraikan rencana untuk serangkaian serangan yang menargetkan pabrik-pabrik otomotif AS yang dirahasiakan jika kesepakatan tidak tercapai pada Kamis malam, daripada melakukan pemogokan penuh.
Direktur penyelenggara UAW Brian O. Shepherd mengatakan dalam sebuah acara online pada hari Kamis bahwa strategi pemogokan adalah untuk memberikan “fleksibilitas maksimum kepada para negosiator” untuk mendapatkan “kontrak yang pantas bagi para pekerja otomotif.” Dia menambahkan pemogokan penuh “masih dipertimbangkan.”
Fain mengatakan pada hari Rabu bahwa kenaikan gaji yang ditawarkan oleh Detroit Three kepada 146.000 pekerja otomotif AS tidak memadai bahkan ketika para pembuat mobil mengatakan serikat pekerja belum secara resmi menanggapi tawaran terbaru mereka yang lebih murah hati. Serikat pekerja meminta kenaikan gaji sebesar 40% dan peningkatan besar dalam tunjangan.
Induk Chrysler Stellantis (STLAM.MI) telah menawarkan kenaikan sebesar 17,5%, kata Fain, Rabu.
Ford mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya masih menunggu tawaran balasan dari UAW, dan memperingatkan bahwa “masa depan industri kita dipertaruhkan. Mari kita lakukan apa pun yang kita bisa untuk mencegah hasil yang membawa bencana.”
BANTUAN UNTUK PEMASOK
Sektor otomotif AS, termasuk produsen suku cadang, mempekerjakan hampir 1 juta orang, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS.
Pejabat pemerintahan Biden sedang mendiskusikan bantuan darurat untuk melindungi perusahaan-perusahaan kecil yang memasok produsen mobil AS, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut. Gedung Putih menolak berkomentar.
CEO Ford Jim Farley mengatakan dalam sebuah surat kepada karyawannya yang dilihat oleh Reuters, bahwa “perundingan adalah jalan dua arah dan kami terus meminta UAW untuk tetap berunding, bekerja sama untuk mencapai kesepakatan, dan menghindari pemogokan.”
Fain menguraikan strategi untuk “menciptakan kebingungan” dengan serangkaian penghentian pekerjaan yang menargetkan masing-masing pabrik di AS jika tidak ada kesepakatan yang tercapai.
Menghentikan pekerjaan di pabrik mesin atau transmisi utama, misalnya, dapat berdampak buruk dengan hilangnya suku cadang yang dibutuhkan pabrik lain untuk memproduksi kendaraan. Pilihan lainnya adalah menyerang pabrik perakitan truk pikap atau SUV yang menguntungkan.
Fain mengatakan, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari seluruh pekerja otomotif bisa mogok kerja.
Pemogokan penuh akan berdampak pada pendapatan masing-masing produsen mobil yang terkena dampak sekitar $400 juta hingga $500 juta per minggu dengan asumsi seluruh produksi hilang, perkiraan Deutsche Bank.
Beberapa kerugian dapat diperoleh kembali dengan meningkatkan jadwal produksi setelah pemogokan, namun kemungkinan tersebut memudar ketika pemogokan berlangsung hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Pemogokan UAW tidak akan berdampak pada produsen mobil transplantasi seperti Toyota, Honda dan Mercedes, yang pekerja pabriknya di AS tidak terwakili oleh serikat pekerja.
Presiden AS Joe Biden telah mendorong para pihak untuk tetap berunding “untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan yang menjadikan pekerja UAW sebagai inti masa depan otomotif kita,” kata penasihat ekonomi Gedung Putih Jared Bernstein pada hari Rabu.
“Para pekerja ini kembali berada di garis depan dalam industri mereka, dan mereka tidak dibayar sebesar itu,” kata Senator Sherrod Brown, seorang Demokrat dari Ohio, sebuah negara bagian dengan ribuan pekerja di industri otomotif, di Senat pada hari Kamis.
UAW mengatakan pihaknya merencanakan unjuk rasa di Detroit pada hari Jumat yang akan dihadiri oleh Fain, Senator Bernie Sanders dan anggota Kongres lainnya, bertepatan dengan hari pertama perkiraan aksi mogok kerja.
Laporan oleh David Shepardson; pelaporan tambahan oleh Nandita Bose di Washington dan Ben Klayman di Detroit Penyuntingan oleh Peter Henderson, Jamie Freed, Nick Zieminski dan Deepa Babington
Standar Kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.
Dapatkan Hak Lisensi, buka tab baru
Source link
Pola Slot Gacor Terbaru
Leave a Reply