Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang terus melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara.

di hari kedua ini, ratusan pekerja yang berasal dari warga sekitar, ditargetkan menyelesaikan sortir dan lipat sebanyak 751.755 lembar surat suara DPR RI. Hal ini dilperlu dilakukan, sebab memasuki hari ketiga, KPU Lumajang akan memulai sortir dan lipat untuk surat suara DPRD Provinsi Jatim yang targetnya selesai selama dua hari kedepan.

“Di hari pertama pelipatan surat suara, pekerja ini telah menyelesaikan 552 kardus surat suara atau sekitar 276.000 lembar surat suara. Sisanya hari ini ditargetkan rampung karena besok sortir dan lipat surat suara DPRD Provinsi,” kata Siti Mudawiyah Ketua KPU Kabupaten Lumajang saat memantau proser sortir lipat di Gudang Logistik (Amanda) KPU Jl. Panjaitan Lumajang, selasa (26/2).

Meski demikian, dalam proses ini penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut, pekerja diminta harus teliti dengan surat suara yang cacat, seperti berlubang, robek, dan tinta habis atau gambar kusam.

“Kita tekankan bagi 400 pekerja lebih yang sudah dibagi menjadi 21 kelompok ini lebih awas dan kerjasama yang baik dengan mandor dan pengawas, sehingga proses penyortiran dan pelipatan akan lebih teliti.” tegas Divisi yang membidangi Keuangan, Umum, Logisitik dan Rumah Tangga KPU Lumajang ini.

Untuk itu dirinya bisa memastikan di hari kedua pelipatan surat suara ini, target merampungkan surat suara jenis DPR-RI, akan bisa tercapai, dan bisa melanjutkan penyortiran dan pelipatan untuk surat suara jenis DPRD Provinsi. (hes)