Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Momen puncak Hari Jadi Lumajang ke 763 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang di Alun-alun dijadikan sarana KPU Kabupaten Lumajang untuk mengajak peserta pemilu 2019 beserta ribuan warga untuk menyambut pemilu 2019 dengan damai dan riang gembira. Hal ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah saat memberikan sambutan pada pembukaan resepsi Harjalu yang dihibur oleh Sabiyan Gambus, Sabtu (15/12).
Menurutnya, momen Harjalu ini dijadikan semangat bersama menjaga kondusifitas kabupaten Lumajang dalam menyambut pesta demokrasi yang digelar pada 17 April 2019. Apalagi Pemilu kali ini menjadi catatan sejarah baru bagi bangsa Indonesia, karena selama Pemilu digelar baru di tahun 2019 ini menjadi Pemilu serentak. Yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. “Di Harjalu ini kami mengajak untuk berdemokrasi yang santun dan damai baik pemilih, lebih-lebih pesertanya” ujarnya.
Untuk menjaga komitmen Pemilu damai tersebut, lanjut Mudawiyah akan dibacakan deklarasi Pemilu damai yang akan dipandu Komisioner KPU Kabupaten Lumajang, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Muhamad Ridhol Mujib. Isinya seluruh partai politik berkomitmen menjaga kondusifitas Pemilu 2019 khususnya di kabupaten Lumajang. “Nanti kita jadi saksi komitmen parpol untuk tidak berkampanye hoax, isu sara dan kampanye hitam” kata Mudawiyah.
Diakhir sambutannya dia mengingatkan agar seluruh warga Lumajang yang sudah terdaftar sebagai pemilih untuk berbondong-bondong datang ke TPS pada hari Rabu 17 April 2019 menggunakan hak pilihnya dengan benar. Sebagai penutup rangkaian deklarasi pemilu damai, Ketua KPU Lumajang beserta anggota mengundang 16 pimpinan parpol peserta pemilu 2019 dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta Bawaslu kabupaten Lumajang ke atas panggung untuk bersama-sama membacakan deklarasi Pemilu damai dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen Pemilu damai oleh partai politik disaksikan KPU, Bawaslu dan Forkompinda Lumajang. (res)