Jakarta, kpud-lumajangkab.go.id – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang digelar di gedung Jakarta Convention Center memasuki hari ketiga, Rabu (25/9).

Di hari ketiga ini, rakornas KPU RI menghadirkan 34 KPU Provinsi, 514 KPU Kabupaten/Kota, dan 3306 penyelenggara Pemilu 2019.

Acara dibuka oleh jajaran komisioner KPU RI dengan acara pencoblosan surat suara yang menandakan dimulainya Pemilihan Serentak tahun 2020.

Rakornas yang digelar di JCC berlangsung meriah dengan pertunjukan kesenian dari berbagai daerah.

Selain itu, dalam rakornas tersebut juga berlangsung penyerahan penghargaan berbagai macam kategori penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Kategori penghargaan yang diberikan antara lain kreasi sosialisasi dan partisipasi Pemilu dan pemilihan Acces, pengelolaan logistik Pemilu dan Pemilihan Daerah, penyajian alat bukti terbaik dalam penanganan masalah/sengketa hukum Pemilu, inovasi dan profesional penyelenggaraan, daftar Pemilih Tetap berkualitas, iklan layanan Masyarakat kreatif, penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan yang berintegritas.

Penghargaan juga diberikan KPU RI kepada mitra strategia lain yang terdiri dari kementerian, lembaga negara dan LSM.

Dalam rakornas tersebut, Ketua KPU RI, Arief Budiman berharap agar KPU sebagai pelayan publik dalam penyelenggaaraan Pemilu kian baik, berintegritas, transparan, dan lebih profesional menjalankan amanat UU. (hes)