Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Hari terakhir pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilu 2019 membludak. Jumlah pendaftar hingga jam 16.00 WIB batas akhir pendaftaran mencapai seratusan calon Relasi yang akan diseleksi adminstrasi. Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Muhamad Ridhol Mujib sudah mengira jika pendaftar akan membludak di detik-detik akhir pendaftaran. Menurutnya, selain faktor dua hari lalu termasuk hari libur akhir pekan, penyiapan penyiapan berkas khususnya surat keterangan terdaftar dalam DPT Pemilu juga menjadi berkas penting yang harus dipenuhi.

Dari pantauan Ridho panggilan akrabnya, hampir dari pendaftar rata-rata masih kategori pemuda. Ini menunjukkan antusiasme generasi milenial di Kabupaten Lumajang sangat peduli kepada Pemilu kali ini. “Saya salut dengan antusias warga lumajang yang peduli dengan Pemilu dan aksinya diwujudukan mendaftar Relasi. Ini trend positif yang kami lihat” ujarnya, senin (14/1) saat memantau pendaftaran Relasi di meja Panitia.

Lebih lanjut dia menjelaskan setelah pendaftaran ditutup, tugas KPU Kabupaten Lumajang akan melakukan penelitian administrasi berkas para pendaftar. Penelitian administrasi ini akan dilakukan melalui rapat pleno tertutup yang akan digelar mulai hari ini senin-selasa (14-15/1). Hasilnya akan diumumkan secara resmi melalui laman KPU Lumajang dan papan pengumuman. “Dua hari ini kita akan menyeleksi berkas administasi pendaftar, yang lolos akan mengikuti seleksi wawancara yang akan dilakukan selama dua hari” jelas Komisioner KPU Lumajang ini.

Seleksi wawancara ini imbuhnya, menyangkut persyaratan yang sudah ditetapkan KPU Lumajang sesuai pedoman teknis pembentukan Relawan Demokrasi yang ditetapkan KPU RI. Dan KPU akan meneliti secermat mungkin bagi semua pendaftar yang sudah masuk ke panitia penerimaan Relasi Pemilu 2019. “Kami akan menetapkan secara adil dan profesional sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU” imbuhnya.

Sesuai pengumuman pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 yang telah dikeluarkan KPU Kabupaten Lumajang, pendaftaran dibuka mulai tanggal 10-14 Januari 2019 jam kerja mulai pukul 08.00-16.00 WIB, kemudian dilanjutkan penelitian administrasi pendaftar yang berjumlah 104 orang dengan rincian jumlah laki-laki sebanyak 59 orang dan pendaftar perempuan sebanyak 45 orang. Jumlah pendaftar akan diumumkan yang dinyatakan lolos adminstrasi dan berhak mengikuti wawancara mulai tanggal 15-16 Januari. Sedangkan seleksi wawancara akan dilakukan selama dua hari mulai tanggal 16-17 Januari 2019 sekaligus pengumuman 55 orang yang akan menjadi Relawan Demokrasi Pemilu 2019. Pengumuman tersebut bisa dilihat di laman KPU Kabupaten Lumajang www.kpud-lumajangkab.go.id, dan papan pengumuman di Kantor KPU Kabupaten Lumajang, Jl. Veteran 70 Lumajang. (res)