Lumajang,Kpud-Lumajangkab.go.id- Tahapan Pilkada KPU Kabupaten Lumajang memasuki masa  penetapan batas akhir penetapan data pemilih dari hasil pencocokan dan penelitian (coklit) tingkat kecamatan berakhir kemarin seperti yang dilaksanakan di kecamatan senduro. Tidak ada komplain dari tim pemenangan masing-masing paslon dan semua kecamatan relatif berjalan lancar. Rekapitulasi data pemilih ini sejatinya sudah berjalan sepekan terakhir. Hanya saja, bertahap mulai desa dan kecamatan. Pada 5 hingga 7 Maret, rekapitulasi ada di tingkat desa, dan 8 sampai 9 Maret kemarin adalah batas akhir rekapitulasi tingkat kecamatan.

Muhammad Ridhol Mujib SE, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lumajang menegaskan, hasil coklit sudah direkap, kemarin. Tidak ada komplain dari ketiga tim pemenangan pasangan calon. Hasil coklit yang ditetapkan untuk tingkat desa adalah form AB 1 KWK. Sementara tingkat kecamatan adalah form AB 2 KWK. “Yang diundang Panwascam, KPU, tim kampanye, atau pemenangan tingkat kecamatan, yang membacakan masing-masing PPS. Lancar, tidak ada komplain,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, rekapitulasi ini hanya penetapan angka di tingkat kecamatan. Juga menetapkan berapa jumlah pemilih laki-laki dan perempuan. Termasuk berapa perubahan di masing-masing desa dan yang tidak memenuhi syarat.

Dengan demikian, berakhirnya rekapitulasi kemarin sampai larut malam, membuat tahapan tingkat kecamatan beres. Sesuai dengan batas akhirnya. “Hanya beda jam saja. Cuma, tahapannya sudah beres,” tambahnya.Usai ini, PPK dan PPS akan melanjutkan pada tahapan berikutnya. Yakni, penyusunan daftar pemilih sementara (DPS). “Untuk menjadi DPS, nanti dilakukan pada tahapan lagi. Sekarang belum by name by adrres. Nanti akan ada proses lagi,” pungkasnya.